Curi Kuda 34 Ekor di Jeneponto, Tim Pegasus Bekuk Pelaku di Kota Palopo

samsir, 16 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO- Tim Pegasus Sat Reskrim Polres Jeneponto berhasil mengungkap  pelaku DPO pencuri kuda bernama Rahman bin Punu (25), warga Arpal, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto.

Penangkapan terhadap pelaku tersebut dipimpin langsung, Aipda Abdul Rasyad yang di back up oleh Resmob Polda SulSel, dipimpin IPDA Sunardi.

Dikatakan Rasyad, pelaku tersebut dibekuk didalam kandang ayam diatas rumahnya beralamat di Perumahan Naila Garden, Jalan Merdeka Kota Palopo pada Jum'at 14 Juni 2019.

"Pelaku ditangkap atas dasar, LP / B / 213 / VII / 2018/ Sulsel / Res jpt. Sp. Kap / 63 / VI / 2019 / Reskrim," kata Rasyad.

Saat diintrogasi di Kantor Polres Palopo tutur dia, pelaku mengakui ternak kuda yang sudah di curinya itu, dijemput oleh temannya menggunakan mobil APV dan menjualnya kembali ke Lel. Nurdin (DPO) harga bervariasi.

"Pelaku juga mengakui saat melakukan aksinya ternyata, Ia bersama empat teman lainnya, yaitu. La'lang, Bali, Juma yang masih DPO dan Sampara juga masih DPO," sebutnya.

Rasyad menjelaskan, usai dilakukan penangkapan pada hari Jum'at di kota Palopo. Pelaku dibawah ke Polres Jeneponto pada Sabtu, 16 Juni 2019, namun dalam perjalanan pelaku meminta agar borgolnya dilepas, berdalih tangan pelaku membengkak karena perjalanan yang terlalu jauh.

Saat dilepaskan borgolnya kata Rasyad, pelaku ambil kesempatan karena melihat kondisi anggota yang tengah lelah dalam perjalanan sehingga memanfaatkan situasi.

"Pelaku memberontak dan berusaha melarikan diri sehingga dilakukan pengejaran dan tembakan peringatan, namun tak diindahkan. Kami berikan tembakan terarah, setelah melihat pelaku terjatuh dan diperiksa terkena kaki kanan, betis kanan dan paha kanan," tuturnya.

Selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan medis, ungkap Rasyad.

Dari hasil interogasi. pelaku mengakui beberapa aksinya (TKP).

- Borong Tala Arungkeke, 3 ekor kuda
- Alla - Alla Arungkeke, 6 ekor kuda
- Borong Lamu, Arungkeke 2 ekor
- Pallengu, Arungkeke 2 ekor
- Bonto Manai, Batang 1 ekor
- Pammisorang, Batang 3 ekor
-  Bongki Galung,  Batang 3 ekor
- Kalumpang Lompoa, Arungkeke 3 ekor
- Bonto Je'ne 4 ekor
- Pallantikan, Arungkeke 3 ekor
- Bungeng, Batang 2 ekor
- Batu Maccing, Batang 2 ekor.

"Total keseluruhan, ternak kuda yang dicuri oleh pelaku dari sekian banyak TKP di Jeneponto, sebanyak 34 ekor kuda," pungkasnya.


Editor : Samsir
PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu