KaltengPalangka RayaPemkot Palangka Raya

Apel Gelar Pasukan dan Peralatan-Peralatan dalam Rencana Kesiapsiagaan menghadapi KARHUTLA di Wilayah Kota Palangka Raya Tahun 2023

Kamis 26 /01/2023, Pemerintah Kota Palangkaraya menggelar apel siaga gelar pasukan dan peralatan siap siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota yang diikuti berbagai stakeholder terkait, Hera Nugrahayu, mewakili Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin sebagai Pembina Apel Siaga, didampingi forum koordinasi pimpinan daerah, melaksanakan pemeriksaan peralatan penanganan Kebakaran Lahan di musim kemarau tahun 2023.
TNI, Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, hingga pasukan Emergency Responsif Palangkaraya sudah siap sedia mengantisipasi Karhutla.
Walikota Palangka Raya melalui amanatnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu menyampaikan, bahwa penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial masing-masing pihak, namun perlu adanya kerjasama yang baik antara seluruh stakeholder. Karena berdasarkan BMKG yang sudah rilis, cuaca iklim kering terjadi setelah akhir februari, kita siap berkomitmen menghadapi bersama-sama siap sedia menghadapi berbagai kemungkinan munculnya titik api di wilayah kota Palangkaraya.
Dalam rangka penanganan Karhutla dilaksanakan secara pentahelik atau multipihak dimana unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan potensi lokal desa dan kawasan perdesaan. Potensi lokal Desa dan kawasan perdesaan yang tetap mengedepankan kearifan lokal dan bersumber daya lokal.
Dengan filosofi budaya rumah betang dan semagat Isen Mulang, Maju terus Pantang Mundur dan tidak kenal menyerah. Kota cantik Palangkaraya kita tata, kita bangun dan kita jaga menjadi kota yang maju, rukun dan sejahtera untuk kita semua, “harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *