DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Harga Sejumlah Komoditi Usaha Tidak Stabil, Warga Desa Mangkatip Harapkan Solusi

Palangka Raya – Saat ini harga sejumlah komiditi usaha masyarakat seperti rotan, karet, dan pertanian tidak stabil, sehingga masyarakat banyak beralih usaha menjadi penambang emas illegal.

Itu yang terjadi sekarang di Desa Mangkatip, Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Oleh karenanya masyarakat desa setempat mengharapkan adanya solusi dari pemerintah untuk dapat menstabilkan harga rotan, karet dan pertanian.

“Dari dulu usaha masyarakat disana yaitu mencari rotan, menyadap karet, dan bertani. Tapi semenjak harga komiditi usaha tersebut drop, masyarakat banyak yang beralih menjadi penambang emas illegal,” kata, Anggota DPRD Kalteng, Ina Prayawati, Senin(23/01/23) di Gedung Dewan.

Ina mengungkapkan, hal itu menjadi keluhan masyarakat kepada pihaknya ketika melaksanakan reses di desa tersebut. Pada dasarnya usaha menambang emas memang cukup menjanjikan, tapi ada kekhawatiran berbenturan dengan hukum.

“Menambang emas menjadi usaha alternatif dan terpaksa dilakukan oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka sadar usaha itu illegal, tapi harga komoditi usaha yang mereka geluti selama ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan,” ucapnya.

Terlebih lagi saat ini harga-harga kebutuhan pokok meningkat, maka dari itu sangat diharapkan ada perhatian dari pemerintah agar dapat memberikan solusi, sehingga masyarakat di desa itu pun bisa kembali menekuni usaha rotan, karet, dan pertanian.

“Apabila harga komoditi tersebut stabil, maka masyarakat akan kembali menekuni usaha mencari rotan, menyadap karet, dan bertani serta tidak akan menambang emas lagi. Kita juga mengharapkan pemerintah dapat memperhatikan keluhan masyarakat tersebut,”Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *