BKKBNKaltengPalangka Raya

BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah laksanakan pertemuan Konsolidasi Satgas Stunting dan Tenaga Lini Lapangan di Aula BPMP Kalteng

Dalam rangka percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Tengah, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah laksanakan pertemuan Konsolidasi Satgas Stunting dan Tenaga Lini Lapangan di Aula BPMP Kalteng dari tanggal 27 s/d 29 Januari 2022, Sabtu (28/1/2023).
Dalam sambutannya Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Dadi Ahmad Roswandi, M.Si menyatakan dengan adanya konsulidasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan tenaga lini lapangan beserta satgas stunting dalam program percepatan penurunan stunting di Kalteng. Mengingat, tenaga lini lapangan atau satgas stunting merupakan ujung tombak dalam pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan percepatan penurunan stunting.
“Hal ini lantaran peran penyuluh sangat penting karena mengampu berbagai fungsi, di antaranya menjadi tim pelaksana percepatan penurunan stunting di kecamatan, validator dalam penyediaan Tim Pendamping Keluarga (TPK), fasilitator data dan operasional TPK sekaligus sebagai mitra kerja TPK,” kata Dadi.
Di tempat yang sama, Deputi ADPIN BKKBN Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menegaskan permasalahan stunting merupakan salah satu bagian dari double burden malnutrition (DBM) yang mempunyai dampak yang sangat merugikan baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas ekonomi, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
“Dalam jangka pendek, stunting terkait dengan perkembangan sel otak yang akhirnya akan menyebabkan tingkat kecerdasan menjadi tidak optimal. Hal ini berarti bahwa kemampuan kognitif anak dalam jangka panjang akan lebih rendah dan akhirnya menurunkan produktifitas dan menghambat pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.
“Konsulidasi ini artinya merapatkan kembali tenaga-tenaga lapangan yang selama ini sudah melaksanakan berbagai kegiatan selama beberapa tahun terakhir, bahkan di masa pendemi untuk berupaya mengidukasi masyarakat baik itu pengawalan calon pengantin, ibu hamil pasca persalinan, serta 1000 hari pertama kehidupan,” ucapnya.
Hadir dalam Konsulidasi Satgas Stunting dan Tenaga Lini Lapangan ini sebagai Narasumber Penyuluh KB Ahli Utama BKKBN Ir. Siti Fathonah,MPH. (Wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *