DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Konsultasi Dan Kordinasi DAK Dewan Katingan Ke Dewan Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA- DPRD Kalimantan Tengah mendapat kunjungan Kerja dari Rombongan DPRD Kabupaten Katingan Komisi 1 dan 3.

Menjelang Rapat Paripurna Ke 2 masa Persidangan ke 1 Tahun sidang 2023, Anggota DPRD Kalimantan Tengah mendapat Kunker dari Rombongan Anggota DPRD Katingan Komisi 1 & 3 DI Aula Rapat Gabungan, Senin 30 Januari 2023.

Rombongan Rapat Diterima langsung oleh ketua Komisi 3 Hj. Siti Nafsiah didampingi Anggota Komisi 3 Duwel Rawing beserta Jajaran Mitra Komisi 3 DPRD Kalteng.

Maksud dan Tujuan Kegiatan ini dalam rangka konsultasi dan koordinasi terkait penganggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk peningkatan fasilitas Rumah Sakit dan Kesehatan lainnya, juga melakukan konsultasi dan koordinasi terkait pengawasan DPRD terhadap limbah perusahaan yang berdampak terhadap lingkungan.

Dalam Kesempatan Ini Ketua Komisi 3 Hj. Siti Nafsiah mengatakan “DAK sendiri tujuannya adalah untuk mendanai Program dan kegiatan yang menjadi Program Prioritas Nasional, yang dilakukan tentunya di Daerah-Daerah yang ditunjuk oleh kementerian untuk membantu operasional pelayanan publik dan penggunaanyapun tentunya kita semua tau itu sudah di tetapkan oleh pemerintah, sehingga dananya tidak bisa kesana-kemari dalam hal Perdanaan Alokasi Khusus ini”.

Siti Nafsiah Juga menambahkan, “jadi untuk DAK urusan Kesehatan itu memang ada 3 jenis diantaranya DAK Fisik, kemudian ada DAK Non Fisik, dan Hibah kepada Daerah,”

Srikandi Partai Golkar ini Mengatakan Dalam hal ini APBD Kalimantan Tengah Tahun 2023 itu mendapatkan Transfer dari DAK ini yang berkenaan urusan Kesehatan itu bisa kami informasikan, untuk DAK fisiknya, itu sangat besar, sesuai dengan surat Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah Kementerian Keuangan Republik Indonesia, tanggal 29 November 2022 untuk Urusan Kesehatan DAK fisik sebesar 320 Miliar.

Legislator dari Dapil 1 Yang Meliputi Palangkaraya, Katingan dan Gunungmas ini Juga Mengatakan untuk Dana Alokasi Khusus(DAK) non fisik Untuk Kesehatan itu sendiri sebesar 347 Miliar.

Hj. Siti Nafsiah juga menambahkan “kemudian untuk peningkatan Fasilitas Rumah Sakit, dan tentunya pada rumah sakit Doris yang kami Informasikan, sesuai dengan prioritas nasional, rumah sakit umum Daerah itu menjadi rumah sakit rujukan unggulan yang memiliki beberapa Layanan Pengobatan diantaranya, Pelayanan Jantung, Stroke, Kanker dan Uronefro,”,pungkasnya (Fan/Wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *