Polda Kalteng

Sattahti Polresta Palangka Raya Sediakan Layanan Besuk Online Bagi Keluarga Para Tahanan

Palangka Raya – Sattahti Polresta Palangka Raya, terus berkomitmen untuk menerapkan layanan besuk online bagi pihak keluarga dari para tahanan sebagai wujud kemanusiaan dan pemanfaatan teknologi di era modern.

Seperti halnya layanan besuk online yang kembali digelar oleh Sattahti pada ruang tahanan Mapolresta Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dengan diawasi langsung oleh Kasattahti, Iptu Erwin Apriyadi, Selasa (14/2/2023).

“Layanan besuk online ini masih terus kita terapkan hingga saat ini, dengan diprioritaskan bagi pihak keluarga dari tahanan yang berdomisili di luar kota Palangka Raya, sehingga mereka dapat membesuk tanpa harus mengeluarkan biaya perjalanan antar wilayah,” ungkap Kasattahti.

Layanan besuk online pun berjalan dengan turut dikawal oleh para personel Satsamapta yang bertugas piket pada hari itu, guna memastikan kondisi keamanan dan ketertibannya serta mencegah terjadinya gangguan maupun kerawanan.

“Sejumlah tahanan yang saat ini menjalani proses penyidikan di Polresta Palangka Raya terdaftar untuk dapat melakukan besuk online melalui fasilitas video call smartphone yang telah kita sediakan, dengan jatah perorangnya masing-masing 10 menit,” terang Iptu Erwin.

Sembari memantau pelaksanaannya, ia pun mengungkapkan bahwa layanan tersebut dipertimbangkan penerapannya guna mengefisiensikan dan mengoptimalnya layanan besuk tahanan pada kesatuannya.

“Tentunya layanan ini akan sangat membantu tugas jaga tahanan sebab pelaksanaannya lebih efisien dan optimal, sehingga petugas pun dapat lebih maksimal untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban pada ruang tahanan,” ungkapnya.

“Selain itu juga untuk meminimalkan resiko penularan Covid-19, tercapainya pelayanan prima serta memberi kesempatan bagi para tahanan untuk dapat berjumpa walau secara online bersama keluarga, sebagaimana tekad kami menjunjung Hak Asasi Manusia,” lanjutnya.

Dirinya pun berharap, dengan adanya fasilitas tersebut dapat membantu dan mengoptimalkan tugas jaga ruang tahanan mako yang dilakukan oleh para personel serta meminimalkan potensi penyebaran Covid-19 di area internal Polresta Palangka Raya.

“Semoga fasilitas ini dapat membantu rekan-rekan yang bertugas agar dapat lebih fokus untuk menjaga keamanan ruang tahanan khususnya ketika jam besuk, serta mencegah adanya resiko penularan Virus Corona di lingkungan Mapolresta Palangka Raya,” pungkasnya. (RZal/wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *