Kemenkumham

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Penguatan Tusi Setjen Kemenkumham dan Public Relations Briefing 2023

Jakarta – Dalam rangka memberikan penguatan tugas dan fungsi biro/pusdatin di lingkungan Sekretariat Jenderal serta edukasi tentang bagaimana meningkatkan pemberitaan positif dan kerja sama dengan media, Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama melaksanakan kegiatan Penguatan Tugas dan Fungsi Biro/Pusdatin di Lingkungan Sekretariat Jenderal dan Public Relations Briefing 2023, Jumat (17/02/2023).

Diselenggarakan di Graha Pengayoman Kemenkumham RI, kegiatan yang mengangkat tema “Mewujudkan Humas Kreatif dan Berkualitas Dalam Rangka Mempertahankan Birokrasi Informatif” tersebut dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Unit Eselon I, Kepala Kantor Wilayah serta Kepala Divisi Administrasi seluruh Indonesia, termasuk juga Kakanwil Kemenkumham Kalteng (Hendra Ekaputra) dan Kepala Divisi Administrasi (Nur Azizah Rahmanawati).

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Penguatan Tusi Setjen Kemenkumham dan Public Relations Briefing 2023

Di tempat terpisah, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat (Diana Soekowati) berserta staf Humas, RB dan TI juga mengikuti kegiatan penguatan tugas dan fungsi Biro/Pusdatin di lingkungan Sekretariat Jenderal tersebut secara virtual, bertempat di Aula Kahayan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Membuka kegiatan secara resmi, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama Hantor Situmorang dalam sambutannya mengajak seluruh jajaran untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan semangat dalam mengglorifikasikan berita-berita positif Kemenkumham.

“Berita positif bisa dari mana saja, misal program kebijakan atau prestasi pencapaian yang membanggakan, publikasi yang masif dibutuhkan guna terciptanya citra positif Kemenkumham di masyarakat,” ujar Hantor.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan penguatan tugas dan fungsi Sekretariat Jenderal Kemenkumham serta memberikan pengetahuan dan motivasi pejabat di bidang kehumasan untuk lebih aktif dalam memberitakan hal positif di lingkungannya dan menjalin kerja sama yang baik dengan media lokal maupun nasional.

Selain melalui media massa, ia juga menghimbau glorifikasi pemberitaan positif dapat dilakukan dengan memaksimalkan pelayanan publik yang dimiliki.

“Website, pelayanan PPID, juga media sosial, yang merupakan ‘wajah’ Kemenkumham tentu harus kita jaga, kita rawat, agar terus mampu memberikan informasi dan melayani secara prima,” imbuhnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel terkait Penguatan Tugas dan Fungsi Sekretaris Jenderal Kemenkumham oleh para Kepala Biro antara lain Kepala Biro Perencanaan (Ida Asep Somara), Kepala Biro BMN (Novita Ilmaris), Kepala Biro Keuangan (Wisnu Nugroho Dewanto), Kepala Biro Kepegawaian (Sudjonggo,) Kepala Biro Umum (Anak Agung Gde Krisna) dan Kepala Pusdatin (Hermansyah Siregar).

Dalam kegiatan ini juga turut menghadirkan narasumber yang ahli di bidang kehumasan yakni Arief Suditomo, seorang praktisi media serta dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Kantor Wilayah dan Unit Eselon I atas kinerja kehumasan yang telah dilakukan selama tahun 2022, meliputi media sosial terbaik unit utama, media sosial terbaik Kantor Wilayah, pemberitaan positif terbanyak unit utama, pemberitaan positif terbanyak Kantor Wilayah dan Website terbaik Kantor Wilayah.

Mengakhiri kegiatan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto dalam sambutannya mengingatkan untuk selalu menampilkan citra positif Kementerian Hukum dan HAM.

“Kita bangun narasi positif untuk meningkatkan citra positif Kemenkumham dibawah koordinasi Biro Hukerma. Humas yang kreatif dan berkualitas bukan hanya jadi jargon semata, implementasikan strategi manajemen media dengan baik sehingga bisa meningkatkan Citra Positif Kementerian,” pesan Andap Budhi Revianto.

Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Penguatan Tusi Setjen Kemenkumham dan Public Relations Briefing 2023

Lebih lanjut Andap menyampaikan pentingnya tugas dan fungsi Kehumasan dalam membangun citra positif Kemenkumham. Hal tersebut tak lepas dari konsistensi dan komitmen moral dalam pelaksanaannya. “Menyadari sepenuhnya bahwa era sudah berubah, saat ini dunia tanpa batas semua beralih digital dan cepat. Mari kita jaga rumah besar sesuai dengan tusi kita, bekerja untuk menuntaskan amanah sebagaimana arahan pimpinan dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan”, tutupnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *