Barito SelatanKalteng

Tekan Inflasi, Pemprov Kalteng dan Pemkab Barsel Gelar Pasar Penyeimbang

Buntok – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menggelar pasar penyeimbang dalam upaya untuk mengurangi angka inflasi daerah. Pasar penyeimbang ini digelar di dua desa yang ada di Kecamatan Dusun Selatan, Jumat (17/2/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan pasar penyeimbang ini yang dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan tepatnya di Desa Penda Asam dan tadi pagi sudah dilaksanakan juga di Desa Baru, diharapkan dapat menjadi sarana bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu program yang tengah diupayakan Pemprov Kalteng untuk mengurangi angka inflasi daerah. Khusus di Kab.Barsel pasar penyeimbang ini diprioritaskan untuk daerah-daerah yang beberapa waktu lalu mengalami abrasi. Daerah yang terdampak tersebut, di antaranya Desa Muara Talang, Desa Baru, Desa Penda Asam, Jalan Karau kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan, dan Desa Tampijak.

“Semoga pelaksanaan pasar murah ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat akibat inflasi sekaligus memastikan stok serta harga barang tetap stabil,” ujar Lisda.

Pada kesempatan ini, Pemprov Kalteng telah menyediakan 500 paket sembako terdiri dari tiga paket sembako seharga Rp. 50.000,-, lima kilogram beras, dua kilogram gula pasir, dan dua liter minyak goreng. Satu paket sembako tersebut bernilai Rp. 150.000,- dengan mendapat subsidi dari pemerintah senilai Rp. 100.000,- .

Turut hadir sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Camat Dusun Selatan, Kepala Desa beserta jajaran, Tim Penggerak PKK Kab. Barsel, serta masyarakat desa setempat. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *