Internasional

AS Beri Bantuan 5T Untuk Taiwan, Buat apa?

Jakarta – Pemerintah Amerika Serikat meluncurkan paket bantuan militer senilai US$345 juta (sekitar Rp 5,2 triliun) untuk Taiwan. Bantuan ini dirancang untuk dengan cepat meningkatkan kemampuan pulau itu untuk mencegah invasi China.

Seorang pejabat AS mengatakan bahwa paket tersebut mencakup peralatan intelijen, pengawasan dan pengintaian serta amunisi senjata kecil.

“Ini adalah kemampuan yang dapat digunakan Taiwan untuk meningkatkan pencegahan sekarang dan di masa depan,” kata seorang juru bicara Pentagon, Sabtu (29/7/23).

Elemen-elemen dari paket tersebut “meliputi stok pertahanan kritis, kewaspadaan multi-domain, kemampuan anti-lapis baja dan pertahanan udara,” tambahnya.”Kami sedang bekerja dengan cepat untuk memberikan bantuan militer yang diumumkan hari ini,” ujarnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan berterima kasih kepada Washington “atas komitmen kuatnya terhadap keamanan Taiwan.”

Juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Sun Li-fang mengatakan bahwa paket bantuan ini adalah dukungan penting lainnya untuk pertahanan diri Taiwan selain penjualan senjata. “Taiwan dan AS akan terus bekerja sama erat dalam masalah keamanan untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan status quo di Selat Taiwan,” ujarnya.

Paket tersebut akan diambil dari cadangan AS sendiri, yang memungkinkannya dikirimkan pada batasan waktu yang lebih cepat dari biasanya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *