KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Nunu Andriani Harapkan Produk Perajin/UMKM Kalteng Dapat Bersaing di Pasar Nasional dan Global

Palangka Raya – Ketua I TP PKK Prov. Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo hadiri acara Perayaan Hari Jadi ke-4 Central Borneo Souvenir dan Penyerahan Hadiah Event Juli 2023, yang diselenggarakan di Halaman Gedung Dekranasda Prov. Kalteng, Sabtu (29/7/23).

Ketika membacakan sambutan Ketua TP PKK Prov. Kalteng, Nunu mengatakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian daerah adalah dengan mendorong pertumbuhan dan produktivitas Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) yang memiliki potensi untuk dapat bersaing di pasar nasional dan global.

“Keberadaan Central Borneo Souvenir yang sudah berusia empat tahun ini sudah membuktikan mampu menjadi wadah bagi para perajin dan UMKM Kalimantan Tengah dalam memasarkan produk kerajinannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para perajin dan UMKM,” ujarnya.

Nunu mengungkapkan, selain menjadi wadah bagi seluruh perajin untuk memamerkan produknya, Central Borneo Souvenir juga sebagai penunjang bagi keberhasilan sektor pariwisata Kalteng, terutama penyediaan souvenir khas Kalteng bagi wisatawan yang berkunjung.

“Perajin/UMKM yang telah menjalin kerja sama menitipkan produknya di Central Borneo Souvenir secara gratis, tercatat kurang lebih 100 perajin/UMKM yang kami sebut sebagai mitra Central Borneo Souvenir. Dengan adanya mitra ini, Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah menjadi mudah dalam melaksanakan tugasnya untuk memberikan pembinaan, bimbingan teknis, pemasaran, promosi dan edukasi teknis lainnya, dalam rangka peningkatan kualitas, mutu, desain produk untuk pasar dalam dan luar negeri,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nunu menambahkan, Dekranasda Prov. Kalteng sebagai mitra Pemerintah selalu berkomitmen mengembangkan produk kerajinan sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya khas Kalteng yang tercermin dalam produk kerajinan, menyiapkan regenerasi SDM perajin unggul dan mendorong perluasan akses pasar hingga produk unggulan Kalteng yang siap menghadapi tantangan di era globalisasi dan persaingan yang semakin ketat.

“Tantangan yang dihadapi oleh para pelaku kriya semakin beragam dan kompleks, dibutuhkan kreativitas, inovasi, adaptasi dan memenuhi pasar yang selalu berubah. Untuk itu diperlukan sinergisitas antar instansi dan lembaga terkait sehingga pergerakan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Prov. Kalteng Sayid Zainudin dalam laporannya menyampaikan tujuan acara ini adalah untuk memberikan pemahaman akses masyarakat terhadap produk layanan Bank Kalteng; menyediakan sarana dan prasarana tempat bagi pelaku UMKM Kalteng; dan memberikan ekspresi kepada anak-anak muda di Kota Palangka Raya untuk bisa menampilkan talentanya di berbagai event yang dilaksananakan oleh Dekranasada Prov. Kalteng.

“Kami berupaya meningkatkan aset penjulaan Central Borneo Souvenir untuk para perajin dan UMKM yang sudah bermitra dengan Central Borneo Souvenir,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng Marzuki, Wakil Ketua Harian 3 Hj. Anitha Nuryakin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni, Sahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, Ketua Kadin Kalteng Rahmat Nasution Hamka, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *