KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

H. Edy Pratowo Pimpin Upacara Harjad Kabupaten Murung Raya Ke 21

Puruk Cahu – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H. Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Murung Raya, Selasa (1/8/23) bertempat di Stadion Dr. Willy M. Yoseph, Puruk Cahu.

Mengawali sambutannya, Wagub Kalteng menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Murung Raya beserta seluruh jajaran atas berbagai upaya, prestasi, dan capaian-capaian baik pembangunannya. ”Saya berpesan, segala capaian baik agar dipertahankan dan terus ditingkatkan. Kemudian, lakukan terus evaluasi dan langkah-langkah perbaikan terhadap berbagai kekurangan dan persoalan yang masih ada, seperti peningkatan konektivitas, pemerataan akses listrik ke desa/kelurahan, perluasan kesempatan kerja, dan lainnya,” harapnya.

“Teruslah berinovasi untuk memajukan pembangunan daerah dan kualitas pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Murung Raya khususnya, dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya,” ucapnya

Adapun tema yang diusung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Murung Raya pada tahun 2023, yaitu “Kreatif dan Inovatif Membangun Literasi Masyarakat yang Berdaya Saing Menuju Murung Raya Emas 2030”.

Wagub berharap tema ini mampu membangkitkan semangat untuk memperkuat kekompakan dan sinergi dalam memajukan pembangunan di segala bidang. Salah satu yang utama tentu adalah membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas, karena tantangan-tantangan ke depan pastinya akan semakin berat dan kompleks.

“Untuk itu, upaya percepatan penurunan stunting yang sudah menjadi Isu Prioritas Nasional juga harus benar-benar mendapatkan perhatian serius, karena persoalan kurang gizi kronis pada anak ini akan berakibat buruk terhadap kualitas SDM generasi kita di masa depan,” ucapnya.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), angka Prevalensi Stunting Kabupaten Murung Raya tahun 2022 sebesar 40,9 persen, jauh meningkat dibandingkan tahun 2021 yang di angka 31,8 persen, dan tertinggi se-Kalimantan Tengah.

“Hal ini perlu menjadi catatan untuk bekerja lebih keras lagi. Saya meminta Bupati dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Murung Raya, agar bekerja lebih sinergis lagi, bersama-sama berkolaborasi menurunkan stunting, terutama dengan mengoptimalkan peran Puskesmas dan Posyandu,” tegasnya.

Selanjutnya, Wagub juga mengingatkan untuk mewaspadai ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang pada tahun 2023 ini potensinya meningkat dibandingkan kondisi 3 tahun terakhir, karena musim kemarau yang diperkirakan BMKG lebih ekstrem akibat El Nino.

“Seluruh jajaran Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Forkopimda, instansi terkait, swasta, dan elemen masyarakat harus meningkatkan kesiapsiagaan untuk bersama-sama mencegah dan mengatasi Karhutla di Kalimantan Tengah,” pungkas Wagub Kalteng.

Tampak hadir pada acara ini antara lain, Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph, Wakil Bupati Rejikinoor, Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin, serta sejumlah undangan lainnya. Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah di GOR Tana Malai Tolung Lingu.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *