Berita UtamaEntertainmentHiburan

Intip Busana Friska Goldarina yang menunjukan identitas Pulau Borneo

Palangka Raya – Friska Goldarina, Miss Intercontinental Indonesia 2023 ini merupakan wanita Dayak Ngaju asli yang lahir di Palangkaraya. Ia memenangkan gelar Miss Intercontinental melalui kompetisi Miss Grand Tourism Indonesia. Ia membawa nama Kalimantan Tengah dan menunjukan identitas Kalimantan Tengah melalui busana yang ia kenakan sepanjang kompetisi.

Busana Benang Bintik

Busana Benang Bintik yang dikenakan merupakan batik khas dayak. Motif yang terdiri dari batang garing, burung enggang dan kelakai. motif tersebut merupakan motif yang berkaitan dengan kehidupan suku Dayak. Busana ini digunakan saat head to head challenge, busana ini membawa doa dan identitas Friska Goldarina sebagai wanita Dayak.

Busana Gaun Pendek Semi Formal (Cocktail Dress)

busana ini dikenakan saat speech competition yang merupakan salah satu penilaian penting pada saat kompetisi. Warna putih bermakna kesucian, ketulusan, kesederhanaan dan kemurnian bagi masyarakat Dayak. sesuai makna dari warna busana yang dikenakan, Wanita dayak ini berhasil menyampaikan pesan di atas panggung dengan ketulusan dan kesederhanaan, dan juga dengan niatnya yang suci dan murni untuk membanggakan Kalimantan Tengah.


Stork-billed Kingfisher Gown

Terinspirasi oleh burung yang disebut Stork-billed kingfisher atau “Cekakak”. Kingfisher dapat ditemukan di daerah tropis. Namun kingfisher paruh bangau dengan warna emas dan biru adalah salah satu dari banyak kingfisher yang ada di Kalimantan Tengah (Borneo), Indonesia. Burung ini melambangkan keberanian, kebebasan, petualangan dan keseimbangan juga menunjukkan nasib baik dan keberuntungan. Friska Goldarina mengenakan busana ini sebagai doa dan harapan untuk membanggakan nama Kalimantan Tengah, dan benar saja malam itu di bulan Maret pada gala dinner Miss Grand Tourism Indonesia, busana ini terlihat indah sesuai dengan maknanya.

The Heart of Borneo

Gaun ini terinspirasi oleh hutan hujan yang indah dan berdampak di Kalimantan. Gaun malam ini membawa pesan untuk mengingatkan Anda tentang perjanjian Heart of Borneo (HoB). HoB adalah perjanjian antara Indonesia, Brunei Darussalam dan Malaysia untuk melestarikan hutan hujan dan daerah resapan air terbaik di Kalimantan yang tersisa di pulau itu untuk kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Gaun ini merupakan identitas Kalimantan Tengah dan berhasil mengantarkan Friska Goldarina di bulan Maret 2023 meraih predikat menjadi Miss Intercontinental Indonesia 2023.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *