KaltengKorem 102/ Panju PanjungPalangka Raya

Personil Satgas TMMD Imbangan Kodim 1016 Palangka Raya Melatih Siswa SIswi Paskibra

Palangka Raya – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Satgas TMMD Imbangan Kodim 1016 Palangka Raya Sertu Dwi Ari Novianto dan Serda Dedi Irawan memberi pelatihan materi PBB pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) SMAN 9 Palangka Raya Kelurahan Mungku Baru Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya.

Dansatgas TMMD Imbangan Kodim 1016 Palangka Raya Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat secara terpisah mengatakan bahwa anggota Satgas TMMD Imbangan harus ikut berperan dalam mensukseskan dan menyemarakkan hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-78 Tahun.

“Saya memerintahkan kepada Babinsa Mungku Baru dan Anggota Satgas TMMD Kodim 1016 Palangka Raya agar melatih dan membina para siswa dan siswi SMAN setempat untuk dilatihkan PBB, sehingga nanti pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang mereka dapat dengan mudah untuk bertugas sebagai pasukan Paskibraka. Cuaca panas tidak menyurutkan semangat para siswa dan pelatih dalam melaksanakan latihan. Hal ini ditunjukkan para siswa dalam mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh pelatih,” ucap Dansatgas, Rabu (02/08).

Sebanyak 16 Siswa siswi SMAN 9 Palangka Raya ikut dalam pelatihan Paskibraka tersebut. Materi yang diberikan adalah gerakan dasar. Gerakan dasar itu artinya PBB ditempat dan gerakan PBB berjalan. Gerakan PBB ditempat banyak rangkaiannya, yaitu sikap sempurna, jalan ditempat, penghormatan dan lain sebagainya, terang Dansatgas..

“Selain gerakan PBB ditempat ada juga gerakan berjalan. Disini pelatih akan melatihkan gerakan mulai dari ayunan tangan hingga langkah kaki agar anggota Paskibra terlihat benar saat mengibarkan Bendera Merah Putih. Pelatih juga memfokuskan kekompakan peserta Paskibra saat latihan. Setiap ego yang ada di dalam diri peserta harus dihilangkan,” jelas Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *