KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Edy Pratowo Resmi Tutup PORPROV XII Kalteng

Sampit – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menutup secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XII Kalteng Tahun 2023 yang diselenggarakan di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (5/8/23).

Mengawali sambutannya, Wagub saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengapresiasi  selama 10 hari atlet-atlet terbaik dari kabupaten/kota se-Kalteng sudah bertanding sekuat tenaga dalam PORPROV ke-12 di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Selamat kepada semua atlet peraih medali, dan jadikan motivasi untuk berprestasi lebih cemerlang lagi. Bagi yang belum menang, tetap semangat dan berlatih lebih keras. Teruslah berjuang di kejuaraan-kejuaraan lain berikutnya”, ucap Wagub.

Lebih lanjut Wagub mengutarakan, selesai Pekan Olahraga Provinsi ini, akan ada ajang Pra Pekan Olahraga Nasional atau Pra PON, di mana tiap cabang olahraga jadwal waktu dan tempat seleksi berbeda-beda.

“Kita semua berharap, Kalimantan Tengah mampu meloloskan lebih banyak cabang olahraga ke PON ke-21 Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, dan mampu meningkatkan perolehan medali emas dari PON ke-20 di Papua Tahun 2021”, tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Kotawaringin Timur yang telah sukses menjadi tuan rumah PORPROV ke-12 yang baik.

“Tambah membanggakan lagi, Kontingen Kotawaringin Timur juga berhasil menjadi Juara Umum PORPROV kali ini, dengan perolehan 112 medali emas, 88 medali perak, dan 118 medali perunggu. Selamat atas prestasi luar biasa ini”, ungkap Wagub.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh kontingen, terutama para atlet yang telah menunjukkan semangat sportivitas dan juga semangat persaudaraannya, serta kepada panitia, offisial pertandingan, KONI, dan semua pihak yang  telah bekerja keras menyukseskan PORPROV ini.

“Meski PORPROV tahun 2023 ini akan berakhir, tetapi semangat kebersamaannya harus terus kita kobarkan, untuk bersatu padu memajukan prestasi olahraga Kalimantan Tengah, serta memajukan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, demi Kalteng Makin BERKAH”, tutupnya.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam laporannya menyampaikan PORPROV ke-12 diharapkan menjadi era bangkitnya Kalteng dalam meraih prestasi olahraga yang lebih tinggi lagi.

“Sebagai Bupati Kotawaringin Timur, kami memang berhasil meraih target juara umum tetapi sebagai panitia besar PORPROV ke-12 tahun 2023, bagi kami kita semua adalah juara. Juara bersama dalam menyukseskan PORPROV Kalteng ke-12”, ucap Halikinnor.

Berdasarkan rapat pleno perolehan medali yang dilaksanakan di sekretariat PORPROV ke-12 pada hari Sabtu, tanggal 5/8/2023, telah ditetapkan hasil perolehan medali yakni peringkat 1 diraih oleh Kabupaten Kotawaringin Timur dengan perolehan 112 emas, 88 perak dan 118 perunggu, peringkat 2 diraih oleh Kota Palangka Raya dengan perolehan 82 emas, 83 perak dan 98 perunggu, peringkat 3 diraih oleh Kabupaten Kotawaringin Barat dengan perolehan 46 emas, 48 perak dan 51 perunggu.

Sementara itu, peringkat 4 diraih oleh Kabupaten Katingan dengan perolehan 37 emas, 20 perak dan 40 perunggu, peringkat 5 diraih oleh Kabupaten Sukamara dengan perolehan 35 emas, 29 perak dan 38 perunggu, peringkat 6 diraih oleh Kabupaten Kapuas dengan perolehan 25 emas, 31 perak dan 47 perunggu.

Peringkat  7 diraih oleh Kabupaten Seruyan dengan perolehan 22 emas, 15 perak dan 30 perunggu, peringkat 7 diraih oleh Kabupaten Barito Utara dengan perolehan 21 emas, 31 perak dan 23 perunggu, peringkat 9 diraih oleh Kabupaten Pulang Pisau dengan perolehan 19 emas, 28 perak dan 46 perunggu.

Peringkat 10 diraih oleh Kabupaten Lamandau dengan perolehan 17 emas, 19 perak dan 33 perunggu, peringkat 11 diraih oleh Kabupaten Murung Raya dengan perolehan 17 emas, 13 perak dan 23 perunggu, peringkat 12 diraih oleh Kabupaten Barito Timur dengan perolehan 3 emas, 9 perak dan 16 perunggu.

Peringkat 13 diraih oleh Kabupaten Gunung Mas dengan perolehan 3 emas, 9 perak dan 8 perunggu, peringkat 14 diraih oleh Kabupaten Barito Selatan dengan perolehan 2 emas, 11 perak dan 22 perunggu.

Diungkapkan Bupuati dari rekapitulasi perputaran selama pelaksanaan DARI PORPROV ke-12 yakni Rp. 48,46 Miliar. Rekapitulasi ini didapatkan dari data perputaran uang berdasarkan kontingen kabupaten, pameran dan pertandingan cabang olahraga.

“Itu belum ditambah dengan transaksi menggunakan keuangan virtual yang sudah sering dilaksanakan selama ini”, pungkasnya.

PORPROV ke-12 dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Jimmy Carter, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati/Wali Kota se-Kalteng atau yang mewakili, Ketua KONI Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta jajaran, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal, Para atlet, pelatih, ofisial, manajer, dan pendamping kontingen peserta kabupaten/kota se-Kalteng, Panitia, Petugas Pertandingan, Wasit dan Juri Porprov, Para tokoh dan Praktisi Olahraga, rekan-rekan media, serta masyarakat Kotawaringin Timur.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *