Palangka RayaPemprov Kalteng

Kadis P3APPKB Memberi Dukungan Psikologis Awal Bagi Perempuan dan Anak Korban Kebakaran

Palangka Raya – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah, Linae Victoria Aden beserta tim mengunjungi Posko Terpadu korban kebakaran Flamboyan Bawah, Sabtu (5/8/23) di GOR KONI Palangka Raya.

Selain menyalurkan bantuan logistik, kebutuhan spesifik berupa bantuan Dukungan Psikologis Awal (DPA) juga wajib diberikan. Dukungan Psikologis Awal merupakan bantuan tahap awal yang bersifat praktis, suportif, dan humanis kepada seseorang yang baru saja mengalami tekanan atau dalam situasi krisis termasuk situasi bencana. Pemberian dukungan psikologis pasca bencana bertujuan agar korban merasa nyaman, rileks, dan terbantu.

“Memberikan bantuan Dukungan Psikologis Awal bagi anak-anak yang berada di posko pengungsian korban bencana kebakaran merupakan salah satu upaya meminimalisir dampak secara psikologis pada anak-anak, dikarenakan anak-anak memiliki kerentanan secara psikologis pasca bencana, dimana pada usia anak kemampuan berpikir dan pengelolaan emosi masih belum matang,” ungkap Linae.

Lebih lanjut, Linae juga berharap para korban dapat segera kembali ke kondisi psikologis normal serta meminimalisir dampak traumatis ataupun dampak psikologis yang lebih berat termasuk pada anak-anak. “Selain itu, pemberian bantuan DPA pasca bencana, juga diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mendeteksi jika ada korban yang membutuhkan penanganan psikologis lebih lanjut pasca bencana,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Dukungan Psikologis Awal tersebut dilakukan oleh Tim Psikolog UPT PPA pada Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah. Bersamaan dengan bantuan Dukungan Psikologis awal tersebut, juga diberikan bantuan spesifik bagi perempuan dan anak. Untuk memberikan dukungan, juga turut hadir berpartisipasi dan berinteraksi secara langsung dengan para korban pada kegiatan tersebut yaitu Yulistra Ivo Sugianto Sabran selaku Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah dan Nunu Edi Pratowo selaku Ketua Forum PUSPA.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *