KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

O2SN dan GSI Resmi Dibuka Harapkan Dapat Menumbuhkembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik

Palangka Raya – Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Suhaemi mewakili Gubernur membuka secara resmi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Gala Siswa Indonesia (GSI) Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng  Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Mini Soccer AZ, Jl. Adonis Samad Palangka Raya, Senin (7/8/23)

Mengawali sambutannya saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng, Suhaemi memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan Prov. Kalteng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, mengingat hal ini merupakan sebuah momentum yang sangat penting dan strategis dalam menunjang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Wilayah Prov. Kalteng yang Semakin Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (BERKAH).

Pada kesempatan tersebut, Suhaemi mengimbau kepada Dinas Pendidikan Prov. Kalteng agar selalu membuat kegiatan yang sifatnya melakukan terobosan dan ide-ide positif sebagai upaya untuk pengembangan prestasi dan karakter peserta didik, dalam rangka untuk meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius dari peserta didik, supaya peserta didik memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

“Pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN dan Gala Siswa Indonesia Jenjang SD/MI,SMP/MTs, SMA/MA Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 ini, saya harapkan agar dapat menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play, dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air”, ujarnya.

Ia juga berharap kepada stakeholders selaku pemangku kepentingan pendidikan di Kalteng agar terus bekerja keras, bekerja cerdas, terus berinovasi untuk percepatan kemajuan pendidikan guna mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter religius, nasionalis, gotong royong, integritas, dan mandiri.

Ketua Panitia Safrudin dalam laporannya menyampaikan kegiatan O2SN Jenjang SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023, salah satunya bertujuan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik.

Adapun peserta kegiatan O2SN dan GSI bagi para Pelajar Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 adalah peserta didik jenjang pendidikan menengah yaitu peserta didik Jenjang SD/MI sebanyak 168 orang, SMP/MTs sebanyak 140 orang,  SMA/MA sebanyak 140 dan peserta Gala Siswa sebanyak 252 orang.

Kegiatan O2SN dan GSI bagi para Pelajar Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 dilaksanakan mulai hari Senin s.d Rabu tanggal 7 s.d 9 Agustus 2023 mendatang.

Disampaikan Safrudin, hasil yang diharapkan dari Kegiatan O2SN SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 adalah terpilihnya pemain muda yang memeliki bakat dan prestasi dalam bidang olahraga baik tingkat Nasional maupun Internasional, sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi.

Selain itu diharapkan juga, peserta didik mampu menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play, menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dan sebagai ajang Kompetisi dan menjalin solidaritas serta persahabatan antar peserta didik di seluruh Kalteng.

Kegiatan ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda Prov. Kalteng atau yang mewakili, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden, Sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Prov. Kalteng dan Kota Palangka Raya, Seluruh Stakeholder Pemangku Pendidikan, Kepala Sekolah selaku Pendamping/Official dari Kabupaten/Kota serta para peserta yang merupakan Pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dari Kabupaten/Kota se-Kalteng.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *