DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Dewan Minta Maksimalkan Bantuan Peningkatan Sarana Pendidikan di Kalteng

Palangka Raya – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada pemda baik provinsi, kabupaten dan kota agar dapat maksimal dalam membantu peningkatan sarana pendidikan yang ada di wilayah Kalteng.

Duwel mengatakan, sarana atau fasilitas merupakan sektor pendukung untuk memperlancar proses kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, terkait hal ini harus bisa menjadi perhatian serius pemda.

“Jika tidak ada sarana memadai maka proses belajar mengajar akan kurang optimal. Di Kalteng sendiri khususnya masih terdapat banyak satuan pendidikan yang kurang layak baik dari segi gedung hingga fasilitas pendukungnya,” ucapnya, Rabu, 9/8/23.

Sektor pendidikan sangat penting menjadi fokus perhatian pemerintah. Pasalnya, sektor ini merupakan ujung tombak untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) agar memiliki kapasitas serta kemampuan dibidang ilmu pengetahuan.

Selain itu, terkait memaksimalkan bantuan terhadap peningkatan sarana pendidikan ini pemerintah supaya sebisa mungkin mengoptimalkan anggaran untuk sektor pendidikan, kapan perlu anggaran yang ada lebih ditingkatkan.

“Minimal anggaran untuk pendidikan ini sekitar 30 atau 40 persen dari APBD, kalau hanya 20 persen, saya rasa itu kurang karena banyak yang harus diperhatikan. Jika ingin sektor pendidikan maju dan perhatian bisa diberikan secara menyeluruh dan maksimal harus ada peningkatan dari segi anggaran,” ujarnya.

Dirinya berharap, sektor pendidikan di Kalteng kedepan bisa lebih maju. Upaya pemerintah juga sangat diharapkan terutama memaksimalkan bantuan terhadap peningkatan sarana pendidikan yang ada, sebab itu merupakan kunci penting untuk memajukan pendidikan di provinsi ini. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *