KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

KTH Harus Berdampak Positif bagi Anggotanya dan Warga Sekitar

Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah Agustan Saining, Membuka Secara langsung kegiatan Temu Teknis Kelompok Tani Hutan (KTH) Tahun 2023, bertempat di Ballroom Hotel Aquarius Rabu 9/8/23.

Dirinya mengatakan jika kegiatan ini rutin di lakukan setiap tahunnya sebagai bentuk meningkatkan kapasitas KTH sendiri, “Kegiatan ini rutin setiap tahunnya untuk meningkatkan kapasitas Kelompok tani hutan agar bisa mandiri dan sejahtera masing masing kelompok ditingkatkan,” ujarnya.

“sebagian kelompok tani hutan ini sudah naik kelas , dari kelas pemula naik ke media bahkan dari yang media ke kelas utama, kelas utama saat ini sudah bisa mandiri dari ekonomi maupun kelembagaan, sudah memberikan dampak positif bagi anggotanya dan warga sekitar,” tambahnya.

Lanjutnya sebagian besar kelompok tani ini menghasilkan hasil hutan non kayu,” KTH ini lebih banyak menghasilkan hasil hutan non kayu seperti madu, rotan, bajakah dan produk non kayu lainnya,termasuk pariwisata alam” pungkasnya.

“perdua tahun biasanya ada pertemuan kelompok tani seluruh indonesia atau nasional ya, tetapi dipilih mana yang dianggap baik dan kita juga memberikan penghargaan dari kelompok tani lainnya agar terus memberikan contoh agar yang lain bisa mengikuti dan meningkatkan prestasinya,” ujarnya lagi.

Menurutnya KTH yang ada saat ini sebanyak 301 kelompok dan itu angka dinamis bisa terus bertambah, tapi kita liat dari segi kualitasnya, dari angka tersebut baru 220 yang pemula sisanya media dan utama.

“semoga dengan kegiatan seperti ini bisa dimanfaatkan sebaiknya untuk KTH kelas pemula agar bisa naik kelas dan menerima bantuan alat ekonomi produktif,” tutupnya. (wartalalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *