DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Legislator ini Sampaikan Apresiasi Langkah Senator Kalteng Surati Kemendikburistek RI

Palangka Raya – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata, dr. Niksen S. Bahat menyambut baik adanya inisiatif dari Senator DPD RI asal Dapil Kalteng Agustin Teras Narang yang telah menyurati Kemendikburistek RI terkait perihal permohonan kebijakan kuota khusus pelajar Kalteng untuk masuk Universitas Palangka Raya (UPR).

“Memang diharapkan putra-putri daerah asli Kalimantan Tengah hendaknya dapat terakomodir untuk menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran UPR, hanya saja itu harus tetap didukung dengan adanya kebijakan atau undang-undang tentang pendidikan yang mengatur hal itu,” ujarnya, Rabu (9/8/23) di gedung Komisi DPRD Kalteng.

Legislator dari Fraksi Partai NasDem DPRD Kalteng ini menuturkan usulan rekrutmen 30 persen mahasiswa dari lulusan lokal di Fakultas Kedokteran UPR ini dinilai sangat baik. Pasalnya, hal itu memang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat Kalimantan Tengah dari sejak dulu.

ia mengatakan usulan itu memang seharusnya diperjuangkan oleh semua pihak, termasuk pula oleh para Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng yang ada di pusat. dr. Niksen juga mengapresiasi langkah Senator Kalteng Agustin Teras Narang yang telah mengirimkan surat kepada Kemendikburistek RI.

“Saya mengapresiasi langkah Senator Kalteng bapak Agustin Teras Narang, karena sudah mengirimkan surat kepada Kemendikburistek RI. Harapannya, usulan dimaksud dapat ditindaklanjuti dengan adanya kebijakan dari Menteri terkait,” ujar Niksen lagi.

Selanjutnya, ia mengungkapkan bagaimana pun usulan yang disampaikan kepada pemerintah pusat, hendaknya dapat ditindaklanjuti dengan adanya aturan pendidikan yang dapat mengakomodir (payung hukum, red) sebagai dasar pelaksanaan dari kebijakan dimaksud.

Selain itu, ia juga menyarankan kepada seluruh pemerintah daerah, mulai dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota Se-Kalimantan Tengah agar dapat mengalokasikan anggaran untuk memberikan beasiswa kepada putra-putri daerah berprestasi, supaya dapat dibiayai untuk mengikuti pendidikan di Fakultas Kedokteran UPR.

“Dimana, harapannya ada semacam ikatan dinas bagi putra-putri daerah, setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran UPR nanti bisa kembali mengabdi ke daerah asalnya masing-masing,” saran dia menambahkan.

dr. Niksen yang juga berprofesi sebagai seorang dokter ini juga mengatakan kebutuhan tenaga SDM kesehatan, khususnya dokter sampai sekarang ini masih banyak diperlukan. Hal ini, sekaligus pula sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan SDM dokter di setiap daerah.

“Untuk itu, saya sangat berharap, supaya kedepan akan banyak lagi tenaga SDM dokter yang bersumber dari putra-putri daerah yang mengabdi di daerahnya masing-masing,” tutupnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *