KaltengPalangka RayaPemkot Palangka Raya

Heru Beri Materi Kepada 72 Calon Paskibraka Palangka Raya

Palangka Raya – Pendidikan dan Pelatihan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Peringatan Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-78 tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2023 telah dimulai sejak Jum’at (4/8/23).Sebanyak 72 peserta mengikuti prosesnya yang dipusatkan di Wisma Balai Guru Penggerak Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5 Palangka Raya.Kamis (10/8/23)

Para peserta yang terdiri dari siswa/siswi terbaik ini akan dikarantina untuk mengikuti seluruh pendidikan dan pelatihan selama 15 hari hingga mendekati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Proses pelatihan dan pendidikan melibatkan Panitia, TNI, Polri, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Ikatan Alumni (Ikal) Lemhannas RI, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Palangka Raya.

Diantara pemateri, Heru Hidayat sebagai anggota IKAL Lemhannas RI Kalimantan Tengah diminta untuk menjadi narasumber dengan tema Pancasila kepada 72 peserta calon Paskibraka Kota Palangka Raya di Aula

Pada kesempatan tersebut, Heru mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada 72 siswa-siswi yang sudah bekerja keras untuk terpilih dari hasil seleksi sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Peringatan Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-78 tingkat Kota Palangka Raya Tahun 2023.

“Selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai Calon Paskibraka Kota Palangka Raya Tahun 2023, lakukan, persiapkan yang terbaik dan berdo’a untuk kesuksesan dan kelancaran dalam menjalankan tugas mulia tersebut ”ungkap Heru.

Pada kesempatan tersebut, Heru yang juga Motivator memberikan semangat untuk peserta agar dapat menerapkan nilai-nilai Kebangsaan yang bersumber dari Pancasila dalam menjalankan tugas sebagai calon Paskibraka maupun dalam kehidupan sehari-hari. Heru memberikan pemaparan akan sejarah Pancasila dan implementasi nilai-nilai Kebangsaan yang bersumber dari Pancasila.

“Peserta harus punya niat, tekad, semangat, ide, berkarakter, kesiapan menjalankan tugas mulia dan senantiasa berdo’a. Tantangan kedepan adik-adik lebih berat, maka adik-adik semua harus mempersiapkan diri. Menjadi pribadi yang berkarakter, disiplin, waktu sangat berharga,” tambahnya.

Heru Hidayat juga mengingatkan kepada 72 calon Paskibraka untuk menjaga 4 (empat) konsensus berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara itu, diantara panitia dan peserta menyampaikan “materi yang diberikan oleh Ka Heru menambah wawasan dan membangkitkan semangat untuk berkontribusi kepada Bangsa dan Negara sebagai implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila,” ujarnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *