Nasional

Buku Ekspedisi Kaldera Toba SMSI Diluncurkan di Jakarta

Jakarta – Buku berjudul “Ekpedisi Kaldera Toba, Peduli Ekosistem, Catatan Jurnalistik Media Siber” diluncurkan di Hall Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat malam (11/8/23).

Peluncuran buku dihadiri antara lain jajaran pimpinan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat dan provinsi, Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya, Budayawan Eros Djarot, Bupati Tapanuli Utara Dr Nikson Nababan, Google Indonesia Yos Kusuma, dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Umum SMSI Firdaus dalam kesempatan peluncuran buku yang disatukan dalam rangkaian acara malam anugerah SMSI 2023, membagikan buku tersebut pada penerima anugerah, setelah mendapat penghargaan pin emas dan piagam.

Buku setebal 182 halama ini berisi rekam jejak kerja keras tim Ekspedisi Kaldera Danau Toba yang diselenggarakan oleh SMSI, organisasi pers terbesar di Tanah Air. Ekspedisi Danau Toba itu sendiri berlangsung 4- 7 Februari 2023.

Penulisan buku ini digarap oleh tim wartawan media siber, khususnya tim peliput Ekspedisi Geopark Kaldera Toba SMSI. Mereka adalah Erris J Napitupulu (Ketua SMSI Sumut), Benny Pasaribu (SMSI Sumut), Agus Utama (SMSI Sumut), Jefry Barata Lubis (SMSI Madina), Haslan Madly Tambunan( SMSI Sumut), Jan Pieter Simorangkir (SMSI Taput), Husni Lubis (SMSI-Sumut), Rivai Bakkara (SMSI Siantar-Simalungun), Zuhairi (SMSI Sergai), Dosma Ria Saragih (SMSI Siantar -Simalungun), Dongan Sitanggang (SMSI Samosir), Tumpal Sijabat (SMSI Samosir), Iman Handiman (SMSI Pusat), Henny Murniati (SMSI Pusat).

Selain itu juga terdapat sumbangan tulisan dari tokoh pers Wina Armada Sukardi tentang budaya Batak dan kaitannya dengan profesi advocat.

Semua tulisan digawangi secara profesional oleh editor Mohammad Nasir yang berpengalaman panjang sebagai wartawan Harian Kompas.

Buku ini menyajikan cerita tentang Toba, kehidupan sosial dan ekonomi penduduk sekitarnya, dilengkapi foto-foto keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir yang memukau.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dalam sambutannya malam itu menyambut baik kehadiran buku tersebut. Nikson sempat bertemu dan makan bersama tim Ekspedisi Kaldera Toba yang hasilnya selain diceritakan dalam berita di media siber, juga berwujud buku yang malam itu diluncurkan.

“Danau Toba sekarang masuk dalam UNESCO Global Geopark. Ini harus dipertahankan. Semoga buku ini mendukung Toba tetap sebagai taman bumi UNESCO,” kata Nikson.

Metode Jurnalistik

Karena penulisannya menggunakan metode jurnalistik, maka buku ini juga menyajikan semua ragam jurnalistik, seperti berita langsung, feature, maupun tulisan mendalam, bahkan sosok atau profil.

Tentu saja buku ini dapat menjadi koleksi umum, kalangan pers, dan bacaan mahasiswa yang sedang belajar jurnalistik. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *