Olahraga

Gubernur Menjadi Salah Satu Kandidat Ketum KONI Kalteng Dari Empat Calon Yang Terdaftar

Palangka Raya – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Calon Ketua Umum (Ketum) KONI Kalteng masa bakti 2023-2027 sejak 3 Juli 2023 lalu.

Ketua TPP Calon Ketum KONI Kalteng masa bakti 2023- 2027 Yetrie Ludang mengatakan, tahapan pengambilan formulir untuk Bakal Calon Ketum KONI Kalteng sudah dijadwalkan dari tanggal 10 hingga 12 Agustus 2023. Di akhir masa pendaftaran tanggal 12 Agustus sampai pukul 16.00 WIB. Terhitung total sebanyak empat orang yang telah mengambil formulir.

“Pada saat sampai sore ini hanya ada 3 calon yang mendaftar,” ujarnya, Sabtu (12/8/23).

Yetrie Ludang mengungkapkan, Ketua Umum Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kalteng Ade Supriadi mengambilkan formulir untuk pencalonan Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran sebagai Bakal Calon Ketum KONI Kalteng pada tanggal 11 Agustus 2023. Sugianto Sabran saat ini menjabat sebagai Gubernur Kalteng. Sedangkan Agustiar Sabran saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng.

Sedangkan pada tanggal 12 Agustus 2023, Yetri menyebut Christian Sancho mengambil secara langsung formulir pencalonan Bakal Calon Ketum KONI Kalteng. Christian Sancho merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum KONI Kalteng.

Sementara satu bakal calon lainnya yang mengambil formulir di penghujung penutupan masa pengambilan formulir, yakni Yuwensi. Ia mendaftar mendekati hampir jam 16.00 WIB. Yuwensi diketahui merupakan salah satu Pengurus KONI Kalteng di bidang kerjasama dalam dan luar negeri sebagai anggota.

“Jadwal selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2023 besok sampai tanggal 17 Agustus 2023 tepatnya pukul 4 sore penerimaan pendaftaran bakal calon dan calon Ketum KONI Kalteng, atau pengembalian berkas,” ungkapnya.

Selanjutnya, sambung Yetri Tim TPP melakukan validasi dan verifikasi berkas pada tanggal 18 sampai 19 Agustus 2023. Kemudian tanggal 20 dan 21 Agustus 2023, tim TPP memberikan kesempatan kepada bakal calon Ketum KONI Kalteng untuk melakukan perbaikan berkas.

Untuk pelaksanaan Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub), sebut Yetri rencananya akan dijadwalkan pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2023 yang dihadiri oleh Pengurus KONI Pusat. Rencananya akan dilaksanakan di Aula KONI Kalteng.

Sementara itu, salah satu bakal calon Ketum KONI Kalteng yang telah mengambil formulir, Christian Sancho mengaku menginginkan mencalon sebagai calon Ketum KONI Kalteng pada masa bakti 2023-2027. “Tapi ini kan masih ada beberapa tahapan yang harus kita lewati. Kelengkapan berkas dan tahapan-tahapan lain lebih ke acara Musorprovlub,” ujarnya.

Sancho menilai, dengan banyaknya para pendaftar Calon Ketum KONI Kalteng maka lebih bagus dan demokrasi dalam pemilihan lebih terbuka.

“Harapannya kita bisa memperoleh kesepakatan kepengurusan KONI yang selanjutnya lebih baik,” imbuhnya.

Ia mengharapkan dalam Musorprovlub juga diadakan penyampaian visi dan misi serta debat calon. “Kita harus tahu suara calon itu punya visi dan misi sejauh mana dan komitmen bagaimana,” ujarnya.

Bahkan, ia tak gentar bersaing dengan para nama yang masuk dalam pengambilan formulir Bakal Calon Ketum KONI Kalteng. Di antara nama kandidat yakni Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran. “Apalagi kalau dengan hadirnya kepala daerah,calon kepala daerah bagus itu. Jadi nantinya kita bisa buka bagaimana visi-misinya kedepan,” tutupnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *