KaltengSeruyan

Tim SAR Melakukan Pencarian 1 Orang ABK Kapal Lautan Makmur 17 Yang Tenggelam di Perairan Seruyan

Kuala Pembuang – Hari kedua Tim SAR Gabungan melakukan pencarian terhadap 1 orang ABK Kapal Lautan Makmur 17 yang terjatuh dari kapal, bertolak dari dermaga Tanjung Puting Kumai menuju LKK, dengan menggunakan sarana RIB 02 Palangka Raya Tim Rescue Pos SAR Pangkalan Bun menyisir sekitar lokasi ABK tersebut diduga terjatuh , sembari berkoordinasi dengan KSOP untuk melakukan pemapelan kepada kapal-kapal nelayan yang beraktivitas disekitar TKM. Minggu 13/8/23

Berdasarkan keterangan Yanto agen kapal, Kapal Lautan Makmur 17 dengan muatan Ikan, Bertolak dari dermaga Muara Angke Jakarta menuju ke Kuala Pembuang. Pada Jum’at (11/08) pukul 09.30 WIB Korban atas nama Casmanto (21) terpeleset dan terjatuh ke laut pada saat mengambil bahan makanan di buritan kapal, diperkirakan korban terjatuh pada koordinat 04°19’50.00″S 112°6’50.00″E sekitar ±107 nm dari dermaga Tanjung Puting Kumai.

Mendapat informasi tersebut, Pada (12/08) pukul 12:00 WIB, AA. Alit Supartana selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya memberangkatkan 1 Search and Rescue Unit (SRU) menggunakan sarana RIB 02 PKY, dan langsung berkordinasi dengan unsur SAR terkait.

Heru selaku On Scene Coordinator (OSC) pada operasi SAR ini mengatakan “Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian dengan maksimal namun kendala dilapangan pada saat pencarian cuaca yang cepat berubah, sehingga membatasi waktu pencarian.”

Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian Tim Rescue Pos SAR Pangkalan Bun, KSOP Pangkalan Bun, Agen Kapal Lautan Makmur 17. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *