KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Wagub Kalteng Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalteng pimpin Upacara Hari Pramuka ke-62 tahun 2023, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (14/8/23).

Ketika membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Wagub mengatakan saat ini Gerakan Pramuka terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

“Jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Wagub menambahkan, Kwartir Nasional telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus Depan-Gugus Depan Pramuka di mana pun berada. “Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing,” tambahnya.

Wagub mengingatkan agar Kwartir Daerah tidak sekedar memperhatikan soal pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas saja, melainkan juga ikut membahas Rencana Strategis, Rencana Kerja, dan Program Kerja Gerakan Pramuka untuk lima tahun ke depan.

“Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis, justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai Kode Kehormatan kita, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” pungkasnya.

Saat ini Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi, agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman. “Tentu harapan kita agar melalui perbaikan Undang-Undang tersebut dan pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan Gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna,” sebutnya.

Dalam rangkaian upacara tersebut, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Lencana Melati dan Lencana Dharma Bakti.

Ketika dibincangi usai upacara, Wagub mengatakan Gerakan Pramuka sudah tidak muda lagi dan diharapkan terus menjadi pembentukan karakter generasi. “Undang-Undang Kepramukaan juga kita harapkan terus mengalami perbaikan dan penyempurnaan seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman,” imbuhnya.

Turut hadir pada upacara tersebut Unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Prov. Kalteng, Organisasi Keagamaan, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Organisasi Kepemudaan. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *