Opini Publik

Makna Logo dan Tema 78 di HUT RI Kali ini

Palangka Raya – Hari kemerdekaan RI tinggal beberapa hari lagi. Dalam menyambut hal itu, pemerintah jauh-jauh hari telah menetapkan sejumlah persiapan seperti tema dan tagline perayaan tersebut.

Adapun tema dan tagline itu diumumkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetnag) RI. Apa sajakah tema dan tagline HUT ke-78 RI itu?

Tema HUT ke-78 RI

Berdasarkan Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dikutip dari Kemensetneg RI, telah ditetapkan tema yakni ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Adapun makna dari tema ini sendiri sebagai gambaran pencapaian yang sukses diraih sehingga posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara. Melalui tema tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju.

Tagline HUT ke-78 RI

Seperti kemerdekaan yang ke-77, pemerintah menyeragamkan tema dan tagline kemerdekaan. Di tahun ini, tema dan tagline kemerdekaan tetap ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Logo HUT ke-78 RI

Selain tema dan tagline, pemerintah juga telah mengumumkan logo HUT ke-78 RI. Logo ini dibuat dari beberapa elemen yang memiliki makna tersendiri. Adapun makna dari masing-masing komponen logo Hari Kemerdekaan RI ke-78 dijelaskan sebagai berikut.

1. Estafet

Garis padat horizontal – Tongkat Estafet (Teruskan)

Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia Maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, satu bangsa.

2. Terus Melaju

Angka 7 berbentuk arah panah ke atas. (Gerak Maju). Arah panah ke atas yang bermakna bergerak maju, dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Pancasila

Terbentuk dari 5 garis melengkung. 5 garis melambangkan 5 sila dalam Pancasila sebagai landasan bernegara dalam proses melaju.

4. Tanggung Jawab Bersama

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis. (Tanggung Jawab Bersama)

Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama, beralih menjadi garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam. Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Keberlanjutan

Perpaduan antara elemen garis padat dan garis-garis yang tidak terputus.

Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia Maju.

6. Globalisasi

Bentuk bulat yang ditampilkan oleh angka 8 merepresentasikan pola pikir global (Globalisasi)

Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Latar Belakang Dibuat Tema dan Tagline HUT ke-78 RI

Tema, tagline, dan logo dibuat tentu bukan tanpa alasan. Berdasarkan Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia, tema, tagline, dan logo yang diusung di tahun ini berangkat pada pencapaian Indonesia di tingkat global.

Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa peristiwa dalam G20 tahun 2022, menjadi ketua ASEAN 2023, hingga penetapan ibu kota baru.

Contoh-contoh di atas adalah sedikit bukti dari keberhasilan Indonesia berhasil unjuk gigi di berbagai sektor seperti ekonomi, politik, budaya, dll.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *