Opini Publik

MTsN-2 Palangka Raya Buka Rest Area Dalam Mensukseskan Tablig Akbar Habib Umar

Palangka Raya – Berbagai persiapan terus dilakukan guna menyukseskan pelaksanaan Tablig Akbar Al Habib Umar bin Salim bin Hafidz bin Syeikh Abu Bakar Hafidz, 23/8/23 mendatang, di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya.

Salah satu persiapan itu adalah banyaknya dibuka posko, rest area, dan penginapan insidentil bagi para jamaah, khususnya yang akan datang dari luar Kota Palangka Raya. Puluhan fasilitas ini dibuka dan dikelola jamaah masjid, kelompok pengajian, dan masyarakat umum di “Kota Cantik”.

Keberadaan posko dan rest area diharapkan dapat mempermudah jamaah, khususnya sebagai alternatif pilihan lokasi persinggahan sesuai rute perjalanan masing-masing.

Fasilitas yang disediakan umumnya adalah tempat istirahat dalam perjalanan, toilet/MCK, ruang menginap, dan makan minum gratis.

Setidaknya terdapat 18 posko, rest area, dan penginapan insidentil yang dibuka secara mandiri untuk mempermudah kedatangan jamaah dari berbagai arah.
Bagi jamaah yang datang dari arah Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas, Provinsi Kalimantan Selatan dan sekitarnya, terdapat pilihan rest area Masjid Kubah Hijau Al Abrar Jalan Trans Kalimantan (Mahir Mahar), Masjid Agung Kubah Kecubung Darurahman Jalan RTA Milono, Masjid Muhibbin Jalan RTA Milono Km.2 Palangka Raya.

Bagi jamaah yang datang dari arah Bukit Rawi dan wilayah Barito, terdapat pilihan rest area Majelis Ta’lim Rawdhatul Mahabbah di sisi Jalan Lintas Bukit Rawi, Kelurahan Pahandut Seberang.

Bagi jamaah yang berasal dari Tangkiling, Kabupaten Katingan, serta berbagai wilayah di Kotawaringin, tersedia pilihan rest area MTsN 2 Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km.7, Majelis Ta’lim Darul Madani Jalan Bandeng IV (Tjilik Riwut Km. 6), Sekretariat Bikers Subuhan Jalan Tjilik Riwut Km.2 , Masjid Sabilal Muhtadin Jalan Tjilik Riwut Km.2, dan Masjid Asy-Syifa Jalan Manjuhan IV Palangka Raya.

Selain itu, di wilayah tengah Kota Palangka Raya, terdapat pula pilihan rest area Masjid Raya Nurul Islam Jalan A Yani, Masjid Raya Darussalam Jalan G Obos, Posko Masjid Darurrahman Jalan KS Tubun (Pasar Kameloh), Sekretariat GP Ansor Jalan Goerge Obos Komplek Villa Tirta Mas, dan Majelis Thariqat Alawiyah Naqsabandiyah Muhsiniyah Jalan Dr Murjani Gang Sari 45, Ruko Amang Otoy jalan Sumbawa (pertigaan Jalan Halmahera), dan Masjid Ukhawatul Muslimin Jalan Menteng 22.

Terkait dibukanya rest area MTsN 2 Palangka Raya, Kepala Madrasah Murjani SPd MPd mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan untuk menampung para jamaah.

Murjani menerangkan, layanan yang dibuka gratis bagi para jamaah di rest area ini antara lain tempat parkir yang mampu menampung 300 unit mobil dan sepeda motor, ruang singgah istirahat, kamar mandi, mushala, minuman, dan makanan ringan.
“Insya Allah kita menyiagakan para guru dan staf tata usaha sebagai relawan untuk membantu para jamaah serta kelancaran acara tablig akbar pada 23 Agustus 2023 nanti,” tutupnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *