KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Satgas Karhutla Terus Berjuang Wujudkan Kalteng Bebas Asap Tahun 2023

Palangka Raya – Ditengah ancaman El Nino tahun 2023 yang ditandai dengan tidak turunnya hujan di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah sejak awal Agustus 2023, membuat Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Kalimantan Tengah terus berjuang melakukan pemadaman Karhutla.

Ditemui di sela rangkaian acara Peringatan HUT ke 78 RI, Kamis (17/8/23) di Kantor Gubernur Kalteng, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBPK Ahmad Toyib menyampaikan bahwa suhu panas yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem di Kalimantan Tengah mengakibatkan bermunculannya titik-titik Karhutla. “Karhutla yang terjadi ini 99% adalah akibat ulah orang tidak bertanggung jawab,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan, seluruh instansi terkait seperti BPBD, TNI/Polri, Manggala Agni, Damkar, Tagana, serta Relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) dapat bekerjasama dan bersinergi, dengan mengutamakan pencegahan terjadinya Karhutla dalam mewujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap tahun 2023. “Kita bersyukur di momentum Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia ini Kalteng bebas kabut asap,” katanya.

Kemudian, Toyib juga mengungkapkan bahwa kondisi Karhutla saat ini sudah sangat baik bila dibandingkan dengan tahun 2019, dimana pada bulan Juli 2019 kabut asap akibat Karhutla sudah mulai mengganggu aktivitas masyarakat.

“Kalimantan Tengah masih memiliki beberapa agenda even besar yang akan dihadapi pada tahun ini seperti UCI MTB yang rencanannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 di Kota Palangka Raya. Mari terus bersinergi bersama menjaga Kalteng dari Karhutla, Kalteng Bebas Kabut Asap,” tandasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *