Ekonomi dan Bisnis

BI Kalteng Gandeng PWI Bahas Fenomena Ekonomi

Palangka Raya – Dalam upaya meningkatkan komunikasi media dan mendukung informasi yang lebih efektif, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali membangun kerjasama dengan media.

Saat bertandang ke sekretariat PWI Kalteng bersama jajarannya, Kepala KPw-BI Kalteng, Taufik Saleh menyebut akan terus melanjutkan kerjasama dengan PWI dan media. Apalagi dari sudut pandang ekonomi Taufik mengatakan ada banyak fenomena menarik di Kalteng.

“Banyak fenomena dan isu menarik yang teridentifikasi di Kalteng. Di antaranya, fenomena masyarakat yang masih suka menyimpan uang di bawah bantal. Kemudian, ada kenyataan sejumlah uang hanya bertransit dan tidak mengendap di bank atau uang cenderung diangkut keluar Kalteng, seperti misalnya di perusahaan-perusahaan sawit,” ungkapnya, Rabu (16/8/23).

Belum lagi masih ada sejumlah daerah yang belum memiliki akses komunikasi alias blank spot. Dengan kerja sama dengan PWI dan media, pihaknya berharap wartawan dapat mengadvokasi isu-isu menarik ini hingga ke tingkat pusat guna mendukung pembangunan infrastruktur komunikasi yang lebih baik.

“Isu-isu seperti inilah yang diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan bagi Kalteng,” ucapnya.

Menyinggung sektor UMKM, Taufik juga menyoroti bahwa ekonomi mikro, kecil, dan menengah memiliki peran vital dalam berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat. Namun, pangsa ekonomi masyarakat Kalteng masih terbatas, dan perlu diperkuat.

Isu konsumsi lokal juga menjadi aspek penting dan diharapkan bahwa wartawan dapat memperdalam isu-isu ini dan memberikan rekomendasi kebijakan yang mengarah pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

“Dalam upaya mendukung pemberitaan yang lebih mendalam, nantinya kami juga akan menyelenggarakan lomba jurnalistik untuk meningkatkan pemahaman mengenai peran bank dalam perekonomian. Semua upaya ini merupakan langkah-langkah positif dalam menggali isu-isu ekonomi yang berkaitan dengan Kalteng serta mendukung pertumbuhan dan kemajuan provinsi ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kalteng Harris Sadikin saat berdiskusi juga mengungkapkan, ada banyak hal yang bisa diteruskan kembali bersama-sama dengan BI. Mulai dari kegiatan peningkatan pengetahuan wartawan di bidang ekonomi atau perbankan hingga kegiatan sosial lainnya.

“Nanti bisa kita agendakan bersama pelatihan bagi teman-teman wartawan bekerjasama dengan BI, untuk melengkapi kemampuan wartawan di lapangan menulis isu tentang perbankan. Kita sangat berterimakasih atas kunjungan BI ke kantor PWI, karena selama ini biasanya PWI yang berkunjung ke BI,” ucap Harris yang juga didampingi sejumlah pengurus PWI Kalteng. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *