KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Provinsi Kalteng Tahun 2023 Resmi Ditutup

Palangka Raya – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden hadiri acara Ramah Tamah Bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang diselenggarakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (18/8/23). Acara tersebut juga sekaligus sebagai tanda penutupan kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka Provinsi Kalteng tahun 2023.

Ketika membacakan sambutan Gubernur, Herson mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kalteng telah berlangsung dengan meriah, baik, dan lancar.

“Oleh karena itu, saya berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini, terkhusus kepada anak-anakku putra-putri terbaik anggota Paskibraka, yang kemarin sukses menjalankan tugasnya untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Sang Merah Putih,” kata Herson.

Lanjut Herson, keberhasilan itu tidak datang begitu saja, tetapi buah kerja keras, kesungguhan, dan kedisiplinan dalam berjuang mengasah kemampuan, mulai dari seleksi kabupaten/kota, provinsi, hingga akhirnya terpilih dan mengikuti kegiatan pemusatan pelatihan Paskibraka Provinsi Kalteng.

“Anak-anakku patut berbangga, bukan hanya karena telah mengemban tugas Paskibraka dengan sangat baik, namun juga atas setiap proses sulit yang telah dilalui dan semua ilmu yang telah didapatkan sebagai Paskibraka. Jadikanlah bekal pengalaman berharga, karena masa depan bangsa ini ada di pundak kalian semua,” imbuhnya.

Herson berpesan kepada anggota Paskibraka yang hadir agar terus tanamkan kebanggaan dan semangat Paskibraka yang dijiwai rasa persatuan dan cinta tanah air, untuk menjadi teladan bagi generasi muda lainnya agar berwawasan kebangsaan yang kuat, sehingga tidak tergerus perkembangan zaman serta arus globalisasi dan digitalisasi yang begitu cepat.

“Saya berharap, anak-anakku setelah menjadi Purna Paskibraka dapat mendedikasikan ilmu dan bekal yang diperoleh, tumbuh sebagai pelopor dalam mewujudkan generasi muda yang unggul, tangguh, andal, dan berjiwa patriot, untuk meneruskan perjuangan dalam membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis) untuk Indonesia Maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Muhamad Katma F. Dirun saat membacakan laporan Sekda Kalteng mengatakan Program Paskibraka bertujuan untuk membentuk pribadi yang disiplin, bermental kuat, berwawasan Pancasila dan tangguh serta terlaksananya pengibaran dan penurunan bendera Sang Merah Putih pada tanggal 17 Agustus 2023 di Tingkat Provinsi Kalteng dengan lancar dan sukses; membentuk jiwa kepemimpinan, patriotisme, nasionalisme dan cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; melestarikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari; dan memiliki kemampuan teknis kepaskibrakaan.

“Peserta Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 diikuti sebanyak 54 orang peserta terdiri dari utusan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 7 s.d 19 Agustus 2023,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan secara simbolis kepada Purna Paskibraka yakni Dwigita Priyanto dan Ananda Shofia.

Turut hadir pada acara ramah tamah tersebut, unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah terkait, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI), dan seluruh anggota Paskibraka se-Kalteng. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *