DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Anggaran Harus Dimaksimalkan, Utamakan yang Menjadi Skala Prioritas

Palangka Raya – Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada pemda khususnya Provinsi Kalteng supaya dapat memaksimal penggunaan anggaran untuk melaksanakan pembangunan atau peningkatan sektor strategis.

Duwel mengungkapkan, khususnya di Kateng ada banyak sektor strategis yang masih membutuhkan perhatian dari pemerintah baik itu dari segi pembangunan maupun peningkatan contohnya pendidikan, kesehatan, pariwisata, infrastruktur dan lain sebagainya.

“Pembangunan atau peningkatan sektor strategis yang menjadi modal utama dalam rangka untuk memajukan daerah sangat penting diperhatikan. Maka dari itu, anggaran yang ada harus dimaksimalkan, utamakan yang menjadi skala prioritas,” ujarnya, Minggu, 20/8/23.

Selain itu, menurutnya hingga saat ini Kalteng untuk mencukupi anggaran pembangunan masih bergantung dengan transfer pusat dan masih sedikit dari pendapatan asli daerah (PAD). Sehingga, provinsi ini harus bisa meminimalisir ketergantungan itu dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki daerah ini.

“Memang pada dasarnya tranfer pusat itu salah satu kewajiban pemerintah membantu daerah untuk melaksanakan pembangunan. Tapi anggaran itu diperuntuhkan untuk pembangunan sektor yang sudah ditentukan. Jadi untuk yang lainnya daerah menggunakan APBD sendiri,” ia menjelaskan.

Lanjutnya, agar pembangunan dapat berjalan maksimal tentu perlu ditopang anggaran yang memadai, oleh sebab itu potensi daerah yang dapat memgasilkan PAD perlu dioptimalkan agar provinsi ini dapat mandiri dalam menyediakan anggaran pembangunan dan mendukung tranfer dari pemerintah pusat tersebut.

“Pembangunan itu harus terus berlanjut, selain memaksimalkan penggunaan anggaran, daerah juga harus memaksimalkan pendapatan. Agar daerah cepat maju anggaran yang berasal dari tranfer pusat harus bisa didukung dengan pendapatan daerah sendiri, sehingga pembangunan pun bisa merata,”tutupnya.(Wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *