KaltengOlahragaPalangka RayaPemprov Kalteng

Turnamen Catur DAD Cup Tahun 2023, Resmi Dibuka

Palangka Raya – Dalam rangka hari ulang tahun Dewan Adat Dayak (DAD) Prov. Kalteng ke-16 serta milad Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Prov. Kalteng sekaligus Anggota DPR RI dan juga Ketua Harian Pengurus Besar PERCASI, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kalteng Hamka membuka secara resmi Turnamen Catur Dewan Adat Dayak (DAD) Cup Tahun 2023, bertempat di Hotel Dandang Tingang, Palangka Raya, Sabtu (19/8/23) malam.

Wagub Kalteng dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Hamka mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, mengapresiasi setinggi-tingginya dan menyambut baik dengan diselenggarakannya Turnamen Catur ini.

“Kejuaraan catur akan menjadi ajang pembinaan yang sangat bagus bagi para atlet catur, khususnya pecatur Kalimantan Tengah, untuk dapat menguji dan meningkatkan kemampuannya serta menambah jam terbang, melawan atlet-atlet catur terbaik di turnamen ini” ucapnya.

“Turnamen catur ini benar-benar kita harapkan nantinya dapat turut melahirkan pecatur-pecatur andal dan berprestasi, yang mampu membawa nama harum di kancah nasional dan bahkan internasional” kata Hamka.

Menurutnya, penyelenggaraan Turnamen Catur DAD Cup ini juga untuk mempersiapkan atlet-atlet catur Kalimantan Tengah untuk berkompetisi pada Pra-Pon catur putra zona Kalimantan dan Bali, sekaligus dalam rangka hari ulang tahun Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tegah ke-16 serta milad Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah sekaligus Anggota DPR RI dan juga Ketua harian Pengurus Besar PERCASI H. Agustiar Sabran ke 51 tahun.

“Kepada seluruh peserta saya ucapkan selamat bertanding, tetap semangat dan pantang menyerah untuk meraih prestasi terbaik. Tidak lupa, junjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan jaga kesehatan” ujarnya.

“Saya berharap, kejuaraan catur ini jangan hanya sekedar menjadikan ajang berkompetisi saja, tetapi jadikan juga ajang silahturahmi dan mempererat rasa persatuan” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Ilham Busra dalam laporannya menyampaikan bahwa  kegiatan ini adalah dalam rangka menuju Pra-Pon Catur Putra zona Kalimantan dan Bali yang akan diselenggarakan tanggal 31 Agustus s.d 5 September 2023 di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng yang akan diikuti oleh enam Provinsi, yaitu Kalimantan dan Bali.

“Acara ini juga kerjasama antara Pemprov. Kalteng dengan DAD di Hotel Dandang Tingang sejak tadi siang sampai besok malam, terdiri dari tiga kategori dengan jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 95 orang yaitu 80 putra dan 15 putri dari 11 kabupaten/kota se Kalteng, dengan total hadiah berjumlah 19.500 ribu rupiah” sebut Ilham.

Pada acara pembukaan ini dirangkaikan pula dengan penandatangan kesepakatan antara Dewan Adat Dayak (DAD) Prov. Kalteng dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng.

Acara ini dihadiri pula oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng Darliansjah, Karo Administrasi Pimpinan Johni sonder dan Sekretaris Umum DAD Prov. Kateng Yulindra Dedy, serta peserta lomba dari 11 Kabupaten/Kota se Kalteng. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *