KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Edy Pratowo Hadiri Hasupa Hasundau Sekaligus Penganugerahan Gelar Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng Kepada Wakapolri

Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri Hasupa Hasundau (Ramah Tamah) Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan masyarakat Dayak Kalteng sekaligus Pemberian Tanda Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng sekaligus Pemberian Bantuan Sosial Kepada Aliansi Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah. Acara ini berlangsung di Stadion UPR Palangka Raya, Jumat (8/9/23).

Wagub H. Edy Pratowo usai menghadiri pemberian Penganugerahan Gelar sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng kepada Wakil Kepala Kepolisian RI mengutarakan Penganugerahan tersebut merupakan wujud penghormatan dan kepercayaan masyarakat adat Dayak Kalteng, sebagai salah satu dukungan moral dalam upaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal masyarakat adat Dayak, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Besar harapan kami Bapak Wakapolri yang saat ini merupakan bagian dari Keluarga Besar Masyarakat Hukum Adat Dayak Kalimantan Tengah dapat turut memberikan perhatian khusus kepada putera-puteri asli Kalimantan Tengah, untuk bisa menjadi Taruna/Taruni Akademi Polisi, sehingga proyeksi kami 20-25 tahun yang akan datang Putra Dayak Kalimantan Tengah ada yang menjadi Jenderal Polisi”, pungkasnya.

Penganugerahan Gelar sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng kepada Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol. Agus Andrianto dinobatkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Prov. Kalteng H. Agustiar Sabran ditandai dengan pemasangan atribut Baju Adat Dayak dari kulit nyatu, yang mana sengkarut merupakan pakaian khas Kalteng dengan motif tanaman kelakai yang bermakna saling terikat satu sama lain sepeti kehidupan yang saling Handep Hapakat, saling membantu, saling terikat satu sama lainnya dilanjutkan dengan pemasangan kalung Lilis Lamiang dan Kepala Burung Tingang yang melambangkan kesetiaan, kekuatan, dan keberanian dan juga dilanjutkan pemasangan mandau yang merupakan senjata khas Suku Dayak berguna untuk menjaga diri serta terakhir penyerahan piagam. Pada kesempatan tersebut, Wakapolri turut menyerahkan Plakat kepada Ketua DAD Prov. Kalteng sebagai ucapan terima kasih.

Gelar yang diberikan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng merupakan salah satu bentuk kehormatan dan kepercayaan masyarakat Adat Dayak Kalteng dengan harapan menjadi pelindung, pengayom dan senantiasa membantu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat Adat Dayak Kalteng dalam rangka meningkatkan harkat, martabat masyarakat Adat Dayak di Kalteng dalam bingkai NKRI.

Ketua Umum DAD Prov. Kalteng H. Agustiar Sabran mengutarakan menerima Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol. Agus Andrianto sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Kalteng dengan harapan bisa melindungi, mengayomi, ddan mengangkat harkat martabat khususnya masyarakat Kalteng.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalimantan Tengah telah menerima kami, tujuh puluh persen menjadi Bintara, harapan kami bisa lebih”, ungkap Agustiar Sabran.

Acara ini dirangkai dengan pemberian bantuan sosial dari Polri yang diserahkan Wakil Kepala Kepolisian RI kepada Aliansi Masyarakat Dayak Kalteng.

Hasupa Hasundau dihadiri Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Pol. Agus Andrianto, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Instansi Vertikal Prov. Kalteng, Ketua dan jajaran pengurus Aliansi Masyarakat Dayak Kalteng, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, serta Pimpinan Organisasi Keagamaan / Kemasyarakatan /  Kepemudaan.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *