Opini Publik

BPKP Kalteng Kawal Tata Kelola Pengembangan Bandara H. Asan – Sampit

Palangka Raya – Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono menerima kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dalam rangka konsultasi terkait rencana pengembangan Bandara H. Asan – Sampit yang akan menggunakan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 dan APBD Murni Tahun Anggaran 2024. Rabu 6/9/23

Mengawali pertemuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur Daerah, Kepala Bappedalitbangda, serta Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan sejumlah overview terkait latar belakang pengembangan Bandara H. Asan – Sampit yang meliputi: potensi penerbangan dan harga tiket yang semakin mahal, grand design yang sudah ditetapkan oleh Menteri Perhubungan, keterbatasan kewenangan Pemda pada pembebasan lahan yang akan dihibahkan ke Kementerian Perhubungan, serta rencana penambahan panjang runway.

Selanjutnya dalam konsultasi tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng menyampaikan sejumlah saran dan masukan antara lain: perlunya kajian sosial ekonomi terkait pengembangan Bandara H. Asan – Sampit serta perlunya kajian apakah pengembangan bandara memerlukan peningkatan PCN atau perpanjangan runway.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah datang untuk berkonsultasi dengan tujuan agar menghindari kekeliruan dalam penyusunan program dan kegiatan, serta pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah sehingga tercipta akuntabilitas tata kelola pengembangan Bandara H. Asan – Sampit. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *