KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Pemprov Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat

Palangka Raya – Pangan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi. Pemerintah pusat maupun daerah memberikan jaminan atas pangan, terutama bagi masyarakat berpendapatan menengah ke bawah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan penyaluran Bantuan Pangan Beras  Tahun 2023 bagi Penerima Bantuan Pangan (PBP) pada Senin (11/9/23).

“Tujuannya agar rumah tangga atau keluarga selalu memiliki akses terhadap pangan pada harga dan volume yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutannya di kegiatan tersebut di Gudang Bulog Km 7 Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya.

Wagub dalam sambutan yang dibacakannya mengungkapkan Bulan April hingga Juli Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan 100 persen Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) Tahap I untuk alokasi Bulan Maret, April dan Mei 2023, yaitu sebanyak 3.525 ton untuk 117.503 Keluarga Penerima Manfaat.

Saat ini Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi akan memberikan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II selama 3 bulan alokasi, yaitu untuk bulan September, Oktober dan November 2023.

“Pemberian Bantuan Pangan tersebut selain dapat menangani kerawanan pangan dan kemiskinan, juga terbukti dapat menahan laju inflasi, khususnya di Kalimantan Tengah,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan Bantuan Pangan Beras Tahap II ini kepada 117.503 Penerima Bantuan Pangan, dengan total bantuan beras 1.175.030 kg per bulannya. Setiap Penerima Bantuan Pangan nantinya akan mendapatkan masing-masing 10 kg beras per alokasi penyaluran.

“Saya berharap, pemberian Bantuan Pangan Beras ini dapat tersalurkan 100 persen selama 3 bulan alokasi kepada masyarakat tidak mampu penerima manfaat, sama halnya dengan penyaluran Bantuan Pangan Tahap I, sebagai langkah upaya kita bersama untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, dan mengendalikan dampak inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Provinsi Kalteng Riza Rahmadi menjelaskan penyaluran bantuan pangan beras ini tindak lanjut dari rapat terbatas kabinet pada tanggal 6 September lalu.

“Mudah-mudahan nanti bisa lancar, tiga bulan tepat waktu,” tandasnya.

Ada 67 keluarga penerima manfaat yang hadir menerima bantuan pangan beras dan kesemuanya berasal dari Kelurahan Bukit Tunggal. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *