Pemprov Kalteng

Wagub Kalteng Tinjau Korban Kebakaran Komplek Mendawai

Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo meninjau secara langsung pemukiman warga pasca terjadinya kebakaran pada hari Selasa, 12 September 2023 yang lalu, bertempat di Jl. Mendawai Kota Palangka Raya, Kamis (14/9/23).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat melakukan peninjauan pasca kebakaran yang terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk ini, menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang terjadi di Jalan Mendawai belakang Pasar Kahayan, Kelurahan Palangka, Kota Palangka Raya tersebut.

“Hari ini Pemerintah Provinsi bersama perangkat daerah terkait antara lain BPBD, Dinas Sosial, Kesbang, P3APPKB dan lain-lain, sedang menginventarisir apa saja yang bisa dilakukan dan tentunya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya” ucapnya.

“Salah satunya yaitu membantu anak-anak sekolah yang terdampak kebakaran, dengan membantu menyediakan perlengkapan sekolah, buku-buku, seragam sekolah akan kita bantu melalui Pemerintah Kota, dan untuk SMA sederajat bisa melalui Dinas Pendidikan” sebut Edy.

Selanjutnya untuk program-program lain seperti program BBR (Bahan Bangunan Rumah) bisa dikolaborasikan, sehingga ke depan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah ini.

Ia juga menyebut, untuk sementara ini bantuan yang bisa memberikan berupa beras, minyak, sembako, matras, selimut, sarung, sedangkan yang lain akan menyusul semuanya.

“Untuk tindak lanjutnya seperti relokasi dan lain-lain, akan dipertimbangkan bersama-sama Pemerintah Kota, terkait aturan, lokasi dan tata letaknya supaya ke depan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi” imbuhnya.

Menurut informasi warga sekitar, tidak kurang dari 45 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 127 yang terdampak kebakaran ini, serta 4 orang korban luka bakar masih dalam perawatan dan satu orang petugas/relawan dalam keadaan kritis pasca operasi.

Wagub Kalteng Tinjau Korban Kebakaran Komplek Mendawai

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Walikota Palangka Raya Umi Mastikah, Kepala Dinas P3APPKB Prov. Kalteng Linae Victoria Aden, Kadis Sosial Prov. Kalteng Eddy Karusman, Camat Jekan Raya dan mewakili perangkat daerah terkait, Lurah Palangka serta warga Jl. Mendawai Palangka Raya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *