KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Kadiskominfosantik Kalteng Tekankan Pemanfaatan Ruang Digital

Palangka Raya – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) didaulat menjadi juri seleksi dan wawancara Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) tingkat Prov. Kalteng. Seleksi KIM berlangsung secara zoom meeting dari ruang kerja masing-masing, Selasa (19/9/23).

Dalam rangka keikutsertaan Diskominfosantik Prov. Kalteng pada Kompetisi KIM yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 – 29 Oktober mendatang di Surabaya, Jawa Timur, calon perwakilan KIM yang terpilih pada seleksi ini akan mewakili Prov. Kalteng pada tingkat nasional.

Calon perwakilan KIM dari Kabupaten/ Kota se-Kalteng yang mengikuti seleksi dan wawancara wajib mengumpulkan dokumen seperti Surat Keputusan Pembentukan KIM dan Dokumen Presentasi meliputi Prinsip ADINDA (Akses informasi, Diskusi tentang informasi, Implementasi informasi yang diperoleh, Networking, Diseminasi informasi, Aspirasi) serta Video Profil berdurasi maksimal 60 detik. Dimensi penilaian selanjutnya yakni presentasi materi & wawancara meliputi ruang lingkup komunikasi publik yang dilakukan KIM, peran dan fungsi KIM (Program terobosan, Pemberdayaan KIM, Relasi dengan berbagai pemangku kepentingan/Diskominfo Kabupaten/ kota dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten/Kota) serta pemanfaatan teknologi dan informasi melalui Website &Media Sosial KIM.

Sebanyak tiga KIM dari Kabupaten/Kota yang turut berpartisipasi pada seleksi dan wawancara diantaranya dari Kota Palangka Raya yakni KIM Bintang Jaya Itah, Kabupaten Sukamara yakni KIM Damar Digital Jaya dan

Kabupaten Kapuas yakni KIM PTB (Pulau Telo Baru) Rotan Kapuas.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Diskominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menekankan pada era digital, optimalisasi pemanfaatan ruang digital untuk peningkatan sektor usaha sangat bermanfaat. Agus Siswadi menegaskan agar keberadaan KIM dapat memberikan efek positif untuk masyarakat.

Ia berharap KIM yang ada di Kabupaten/ Kota dapat memanfaatkan ruang digital yang begitu luas seperti berinovasi serta memberikan informasi terkait aktivitas KIM.

Juri lainnya pada seleksi dan wawancara calon peserta KIM diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Prov. Kalteng Aryawan dan Pranata Humas Ahli Muda Diskominfosantik Prov. Kalteng Ferawati. Turut hadir Kepala Diskominfosantik  dan Anggita KIM Kabupaten/Kota diantaranya Kapuas, Sukamara dan Palangka Raya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *