KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Eka : Selenggarakan Pendidikan yang Mengacu Pada Keterampilan atau Keahlian Siswa

Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Eka Aprilianty menghadiri dan memberikan sambutan pada kegiatan Penyelarasan Kurikukum SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), Senin (18/9/23) bertempat di hotel Batu Suli Internasional, Palangka Raya. Kegiatan yang dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK Saiful ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 18 – 20 September 2023.

Dalam sambutannya, Eka Aprilianty menyampaikan IDUKA merupakan program integrasi kurikulum pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia kepada perguruan tinggi vokasi agar selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

“Perlu adanya sinergi yang tepat supaya lulusan SMK dapat memenuhi kebutuhan industri salah satunya dengan cara menyelenggarakan Pendidikan yang mengacu pada keterampilan atau keahlian yang dipilihnya,” ungkapnya

Disampaikan pula, bahwa tujuan utama dari program IDUKA adalah terciptanya lingkungan kolaboratif dan kondusif antara perguruan tinggi vokasi dan dunia industri yang mampu meningkatkan keterampilan SDM yang unggul.

“Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa SMK adalah pendidikan yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga kerja dan mengembangkan eksistensi sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya, maka sudah seharusnya SMK memfasilitasi peserta didik dalam pemilihan, penempatan dan penyesuaian jurusan/kompetensi keahlian yang dipilih agar mampu mempersiapkan dan mengembangkan potensi tersebut pada dunia kerja,” pungkasnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *