DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Artaban Dorong Pemda Optimalkan Potensi Sektor Pelabuhan

Palangka Raya – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Artaban mendorong pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng agar dapat mengoptimalkan potensi dari sektor pelabuhan yang ada baik laut maupun sungai.

Ia menuturkan, sektor pelabuhan salah satu yang dapat menghasilkan bagi daerah yakni untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari berbagai aktivitas di pelabuhan. Sehingga, potensi itu supaya dapat dimaksimalkan.

“Di Kalteng sendiri terdapat sejumlah pelabuhan yang memiliki potensi. Jadi potensi disetiap pelabuhan yang ada itu agar dioptimalkan sehingga nantinya akan dapat memberikan dampak positif terhadap PAD,” ucapnya, Selasa, 19/9/23

Ia menyebut, daerah yang memiliki pelabuhan tentu lebih maju dibandingkan dengan daerah yang tidak memiliki pelabuhan. Sebab, dari sektor pelabuhan ini banyak aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian. Maka dari itu, potensi pada sektor pelabuhan sangatlah menjanjikan.

Di sisi lain, perhatian terhadap peningkatan baik sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung pelabuhan juga supaya ditingkatkan. Sebab, pelabuhan yang memiliki sarana serta fasilitas memadai akan dapat memperlancar berbagai aktivitas baik itu ditribusi barang dan jasa, bongkar muat hingga perekonomian.

“Peran pelabuhan sangatlah strategis dan mampu memberikan dampak terhadap PAD. Maka dari itu tanpa sarana arau fasilitas memadai aktivitas di pelabuhan tidak akan dapat berjalan lancar. Jadi ini yang perlu diperhatikan oleh pemda serta pihak pengelola pelabuhan itu sendiri,” pungkasnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *