KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Wagub Kalteng Tinjau Lokasi Karhutla di Tumbang Nusa

Pulang Pisau – Wakil Gubernur Edy Pratowo merespon cepat kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Tumbang Nusa, Kabupaten Pulang Pisau. Wagub menyempatkan diri meninjau secara langsung ke lokasi karhutla, Kamis (28/9/23).

Kunjungan tersebut merupakan bentuk komitmen dan dukungan kepada tim pemadam karhutla di lokasi yang terus berupaya memulihkan kondisi baik dari BPBD Provinsi Kalimantan Tengah, BPBD Kabupaten Pulang Pisau, unsur TNI/Polri dan unsur pemerintah Kabupaten Pulang Pisau serta sukarelawan yang turut serta membantu memadamkan api.

Sebagaimana diketahui, udara di Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir sedang tercemar oleh polusi akibat karhutla. Karhutla meluas di kawasan Taruna-Tumbang Nusa, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah pada Kamis (28/9/23).

Lahan yang terbakar bahkan mendekati jalan raya Trans Kalimantan yang menghubungkan Kota Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau serta mengakibatkan kemacetan. Selain itu, asap dari kebakaran lahan pun mengganggu penglihatan dan jarak pandang para pengendara.

Dalam kunjungannya, Wagub Edy Pratowo selain memberikan semangat bagi para petugas yang masih berjibaku dengan api, juga berpesan agar koordinasi antar instansi terkait terus diperkuat dalam menangani situasi saat ini.

Wagub pun mengapresiasi upaya para petugas dan sukarelawan yang berjibaku meredam meluasnya karhutla.

“Terima kasih kepada para petugas, sukarelawan dan semua pihak yang telah bekerja tanpa lelah untuk memadamkan api,” pungkasnya.

Turut mendampingi Wagub Edy Pratowo antara lain Sekretaris Daerah Pulang Pisau, Kapolres Pulang Pisau, dan Kepala OPD terkait Kabupaten Pulang Pisau. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *