EntertainmentMusik

“Mungkin Pilihan Terbaik” DADALI

Palangka Raya – DADALI, sebuah band yang rasanya tidak bisa kita pungkiri, menjadi nama besar lainya, yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah perkembangan industri musik di Indonesia.

Hampir lebih dari satu dekade, dalam perjalanan kariernya DADALI telah melahirkan beberapa single hits seperti, Di Saat Aku Sendiri (2013), Cinta Yang Tersakiti (2015), Di Saat Aku Pergi (2016), Di Saat Patah Hati (2018), yang sukses diapresiasi tidak saja di dalam negeri, namun juga sukses diapresiasi hingga ke mancanegara.

Tahun 2021 sepertinya menjadi sebuah rentang waktu yang sangat memilukan, dari sepanjang perjalanan karir bermusik DADALI. Bagaimana tidak, mereka harus kehilangan dua personil untuk selamanya dalam waktu yang hampir bersamaan. YUDA sang gitaris meninggal karena sakit jantung yang dideritanya, sementara RIXX sang keyboardist, meninggal dunia karena Covid. Sepeninggal kedua personil tersebut, DADALI kini tinggal menyisakan dua personil lainnya yaitu DYRGA (Vocalist) dan RICHARD (Gitarist), yang keduanya sepakat untuk terus melanjutkan eksistensi DADALI.

Sepanjang tahun 2021 hingga 2022, meskipun hanya tinggal berdua, DADALI masih produktif merilis beberapa single. Ada sekitar 9 (sembilan) lagu terbaik mereka, yang dirilis satu persatu, di ASCADA Musik Youtube Channel dan berbagai platform digital lainnya. Tak mau membiarkan waktu berlalu tanpa karya, kini mereka kembali hadir menyajikan karya terbaru lainnya, dengan formasi DYRGA (Vocal), IKAR (Gitar), BOIM (Gitar) OBOT (Drum), VIZAR (Keyboard) dan HENDI (Bass).

Setelah merilis single Biarkan Ku Berlari, hanya dalam hitungan beberapa pekan saja, menjelang akhir tahun 2023 ini, bersama ASCADA Musik, mereka kembali merilis sebuah single terbaru lainnya yang berjudul “Mungkin Pilihan Terbaik”. Ini menjadi bukti, bahwa produktivitas DADALI masih layak disejajarkan dengan nama besar lainnya, yang kini tengah menjadi bagian, dari sejarah perjalanan Industri musik pop Indonesia. Tak heran, jika single ini pun, sebagai penanda terlahirnya kembali DADALI yang sudah siap, memberikan warna yang berbeda, dan merebut hati para pecinta musik pop Tanah air.

Single “Mungkin Pilihan Terbaik” meskipun diciptakan oleh orang di luar personil DADALI, pastinya ada sebuah tantangan besar, bagaimana kami harus tetap mampu menciptakan komposisi musik, yang telah menjadi identitas warna musik DADALI. Single ini pun terlahir dari formasi anggota keluarga DADALI yang baru, yang pastinya kami mencari jalan tengah dan kompromi, untuk bisa melahirkan sebuah nuansa baru, tanpa meninggalkan identitas yang sudah terbangun, papar DYRGA, menjelaskan tantangannya ketika mereka harus tetap berkarya dengan personil baru, dan harus tetap menjaga identitas yang sudah terbentuk.

Single “Mungkin Pilihan Terbaik”, dikemas ke dalam sebuah komposisi musik pop manis khas DADALI. Dibangun oleh paduan lirik lirik lugas, menceritakan tentang penyesalan seseorang, yang telah memberikan curahan cinta tulusnya, namun ternyata ia memberikan kepada orang yang salah, karena ketulusan yang sudah diberikan, diganti dengan sebuah pengkhianatan.
Mengawali kiprahnya di industri musik Tanah Air sejak tahun 2009, DADALI telah berhasil menorehkan berbagai prestasi.

Sebuah prestasi di awal kemunculannya adalah, mereka berhasil meraih penghargaan dari MURI Indonesia, sebagai “Viewer Terbanyak Dan Tersingkat” pada Januari 2011. Penghargaan itu didapatinya dari sebuah video musik berjudul DiSaat Aku Mencintaimu, yang diunggahnya ke kanal Youtube.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *