KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Sekda Kalteng Hadiri Apel Gelar Kekuatan Pengamanan Pemilu Internal TNI Tahun 2024

Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah menghadiri Apel Gelar Kekuatan Pengamanan Pemilu Internal TNI Tahun 2024 bersama Panglima TNI secara hybrid, yang diselenggarakan oleh Korem 102 Panju Panjung, yang dipusatkan di Lapangan Makorem 102/Pjg, Kamis (1/2/24).

Apel yang digelar ini diikuti oleh prajurit satuan tempur, satuan banpur dan aparat komando kewilayahan, bertujuan untuk menegaskan komitmen dan kesiapan prajurit jajaran Kodam XII Tanjung Pura, dalam mengamankan wilayah Kalimantan Tengah selama penyelenggaraan pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan pemilihan Legislatif tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari yang akan datang.

Pesta Demokrasi yang telah memasuki tahapan penting yaitu masa kampanye, menjelang pemilihan Presiden, Wakil Presiden secara langsung, membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan di lapangan.

Sekda Nuryakin saat menghadiri acara tersebut, dalam keterangannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah pada prinsipnya mendukung apa yang dilakukan oleh TNI, untuk Pengamanan Pemilu 2024, agar pada saat pelaksanaannya aman dan nyaman.

Menurutnya, ada laporan dari daerah khususnya daerah Barito bahwa saat ini kondisi di sana tengah banjir, dan ada beberapa logistik yang terendam karena beberapa saluran parit yang mampet, namun semua pengamanannya sudah diatasi oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan TNI, Polri.

“Logistik untuk DAS Barito yang tengah mengalami banjir sudah aman dan semua berada di Kantor KPU, dan nanti 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan Pemilu akan diatur mekanisme distribusinya” ucapnya.

“Tetapi untuk titik-tiitk yang sulit, yang jauh, serta tidak terjangkau dan tidak ada komunikasi akan diprioritaskan” imbuhnya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat dapat berdemokrasi dengan baik dan cerdas, sehingga nantinya akan terpilih pemimpin yang berkualitas.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Panglima TNI dan Pangdam XII TPR secara virtual, Forkopimda Provinsi, Bawaslu, KPU, serta Pj. Wali Kota Palangka Raya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *