Opini Publik

Rojikinnor, Caleg DPRD Kalteng Dapil 4, Apresiasi Peran Media di Hari Pers Nasional 2024

Palangka Raya – Rojikinnor, calon legislator DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Dapil 4, memberikan apresiasi kepada rekan-rekan media di Palangka Raya dalam rangka Hari Pers Nasional 2024. Ia menyoroti beberapa poin terkait peran penting media sebagai alat kontrol dan jendela informasi bagi masyarakat.

Menurutnya ketika di hubungi tim warta kalteng Kamis 8/2/24 mengatakan, meskipun media sudah menjalankan perannya dengan baik, kualitas berita perlu ditingkatkan dengan memperhatikan kaidah penulisan dan tata bahasa.

Dalam pandangannya, peran media yang benar-benar dijalankan sebagai alat pengawasan pembangunan dapat memberikan kontribusi besar dalam proses pembangunan. Media bukan hanya sebagai jendela informasi tetapi juga sebagai sarana edukasi masyarakat dengan menyajikan berita berkualitas dan memperhatikan aspek sosiologis masyarakat.

Rojikinnor menggarisbawahi pentingnya menjaga kebebasan pers, dengan memberikan ruang seluas-luasnya bagi insan pers dan masyarakat untuk mengakses berita tanpa takut terkena kriminalisasi. Ia menekankan bahwa independensi UU Kebebasan Pers harus tetap terjaga.

Tantangan utama yang dihadapi media, menurut Rojikinnor, adalah insan pers sendiri yang harus lepas dari kepentingan apapun. Pemerintah diharapkan dapat membuka diri dan meyakini bahwa kebutuhan informasi bagi kesadaran masyarakat adalah penting.

Dalam upaya memperkuat insan pers, Rojikinnor menyarankan penguatan kapasitas wartawan dan pembinaan lembaga media melalui kerjasama dengan biro humas pemerintahan. Ia juga menyoroti peran pemerintah dalam memastikan kerjasama dan kemitraan yang harmonis dengan insan pers, sebagai kebijakan penting dalam mendorong pers yang maju dan mandiri.

Dirinya juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan informasi kepada media, sebagai langkah penting dalam menciptakan check and balance. Ia menilai bahwa isu kritis sangat baik, karena media tidak hanya memberikan informasi tetapi juga mendidik masyarakat, dan informasi berita kritis adalah bagian dari cara media mengontrol pemerintah.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *