Opini Publik

Gempa Tektonik M4.7 Guncang Kalsel, Berpotensi Kerusakan Meski Tidak Berdampak Tsunami

Palangka Raya – Wilayah Kalimantan Selatan(kalsel) diguncang gempa tektonik dengan magnitudo M4.7. Analisis BMKG menunjukkan episenter berada di darat, 19 km arah Timur Laut Banjar, pada kedalaman 10 km. Gempa ini disebabkan oleh aktivitas patahan Meratus, termasuk dalam kategori gempa dangkal.Pada hari Selasa, 13/2/24, pukul 08:22:24 WIB.

Estimasi peta guncangan menunjukkan gempa dirasakan di Kota Banjarmasin, Kab. Tapin, Marabahan, Kota Sampit, Pulau Pisau, dan Kota Palangkaraya. Meskipun tidak ada laporan kerusakan saat ini, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan waspada.

Bangunan perlu diperiksa untuk memastikan kestabilannya, dan masyarakat diminta mendapatkan informasi resmi dari sumber terverifikasi seperti BMKG.

Kepada masyarakat, diimbau untuk tetap tenang, menghindari isu tidak terverifikasi, dan menjauhi bangunan yang mungkin rusak akibat gempa. Pemeriksaan kestabilan bangunan tempat tinggal disarankan, serta mendapatkan informasi resmi hanya dari sumber BMKG melalui kanal resmi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG, website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *