KaltengPalangka RayaPemprov Kalteng

Disdik Kalteng Menggelar kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu bagi Pelajar SMA/SMK/SLB Tahun 2024

Palangka Raya – Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Ikrar Peningkatan Partisipasi dalam Pemilu bagi Pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalimantan Tengah Tahun 2024 yang bertempat di SMAN 2 Palangka Raya, Senin (12/02/24).

Dalam sambutannya Wagub Kalteng H. Edy Pratowo menyampaikan program pemilu dari pemerintah termasuk pesta demokrasi yang di dalamnya ada KPU untuk mengatur bagaimana pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik tertangani dengan partisipasi pemilih.

“Pada tanggal 14 Februari nanti pemilihan umum akan di gelar di seluruh tanah air termasuk di Kalteng, ayo kita datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), gunakan Hak Pilih kita sesuai dengan hati nurani masing-masing. Suara kita menentukan masa depan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Bapak H. Edy Pratowo juga mengajak semua, khususnya pelajar SMA/SMK/SLB Se-Kalteng yang telah berusia 17 tahun ke atas dan memiliki KTP sebagai pemilih pemula untuk tidak Golput. Membawa kesadaran untuk bisa menentukan pemimpin, baik Presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Komisioner KPU Harmain dalam sambutannya menjelaskan pelajar yang sudah memiliki E-KTP mengecek TPS tempat mendaftar di website dptonline.kpu.go.id, meski belum memiliki E-KTP, pelajar SMA/SMK/SLB masih tetap bisa menggunakan Hak Suara, asalkan sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, yang bisa dilihat atau dicek secara online/daring.

“Pelajar yang sudah terdaftar dalam DPT dapat hadir ke TPS dan akan mendapatkan surat pemberitahuan atau undangan beberapa hari sebelum pemilihan. “Pemilih yang terdaftar di DPT dapat mulai memilih mulai pukul 07.00 -13.00,” tegasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *