KaltengKPUPalangka Raya

TPS Rawan di Palangka Raya: KPU dan TNI/POLRI Siap Amankan Pemilu 2024

Palangka Raya – Dalam menyongsong Pemilihan Umum 2024, Palangka Raya menghadapi tantangan khusus dengan adanya 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan. Geografis yang berdekatan dengan daerah pinggiran sungai, terutama di Kecamatan Rakumpit, Bukit Batu, dan Sebangau, menjadi perhatian utama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya.

Ketua KPU, Joko Anggoro, menyampaikan bahwa delapan TPS di Kecamatan Rakumpit, satu TPS di Kecamatan Bukit Batu, dan satu di Kecamatan Sebangau, memerlukan perhatian khusus dalam distribusi logistik surat suara.

Kondisi geografis yang menuntut penggunaan jalur darat dan perahu menjadi alasan utama. Joko Anggoro menjelaskan, “Proses distribusi surat suara di Kecamatan Rakumpit melibatkan akses jalan ganda, dengan kotak surat suara dibungkus beberapa lapis plastik untuk menghindari risiko terkena air selama melewati jalur air atau sungai.”ungkapnya.

Langkah-langkah spesifik ini diambil untuk memastikan keamanan dan keutuhan surat suara hingga sampai ke tujuan. “Kami bekerja sama dengan TNI/POLRI untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemungutan suara di 10 TPS yang rawan tersebut,” tambahnya.

Komitmen serius ini mencerminkan upaya KPU dan aparat keamanan untuk menjaga integritas seluruh proses pemilu di tengah tantangan geografis yang unik.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *