InternasionalKalteng

Orang Ini Beli Mall 6 Triliun, Siapa sih Dia?

Malaysia – Salah satu orang terkaya di Malaysia membeli properti dengan harga gila-gilaan. Tak tanggung-tanggung, nilai properti yang ditebus itu mencapai Rp 6 triliun.

Orang terkaya Malaysia itu ialah Robert Kuok. Ia membeli pusat perbelanjaan di Singapura dengan nilai US$ 412 juta atau sekitar Rp 6,38 triliun (kurs Rp 15.500). Robert Kuok membeli Seletar Mall yang terletak di bagian timur laut Singapura melalui perusahaannya Allgreen Properties.

Dikutip dari Forbes, Senin (11/3/24), properti tersebut dijual oleh Cuscaden Park dimiliki taipan Ong Beng Seng dengan perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Temasek Holdings, dan bermitra dengan United United Engineers yang merupakan anak usaha Yanlord Land milik miliarder China, Zhong Sheng Jian.

Pusat perbelanjaan ini memiliki luas bersih yang dapat disewakan 17.602 meter persegi. Mall pinggiran kota ini akan melayani kawasan perumahan di Sengkang dan Punggol di timur laut Singapura.

Dalam pernyataan bersama, Cushman & Wakefield dan JLL menjadi perantara dalam kesepakatan tersebut. Properti ini 100% disewakan di mana beberapa penyewa utamanya antara lain NTUC FairPrice, Haidilao dan Uniqlo.

“Mal-mal di pinggiran kota telah menunjukkan kinerja luar biasa pasca COVID dengan tingkat hunian penuh di sebagian besar mal dan pengembalian sewa yang kuat,” Shaun Poh, direktur eksekutif pasar modal di Cushman dan Wakefield.

Dia mengatakan, penawaran yang kuat menjadi bukti minat investor terhadap aset ritel yang berkualitas. Lebih lanjut, akuisisi akan mendiversifikasi aset Allgreen. Perusahaan ini memperluas jejak ritelnya di tengah pemulihan belanja ritel yang naik 1,3% pada Januari dibandingkan tahun lalu.

“Sektor ritel pinggiran kota Singapura terus diminati oleh modal global dan domestik yang mencari eksposur di pasar investasi ritel yang sangat ketat,” kata Ting Lim, kepala pasar modal di JLL.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *