Gunung MasKalteng

Bupati Gumas Hadiri Rakor Optimalisasi Penyelengaraan Pemerintah Di Daerah Tahun 2024

Kuala Kurun- Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi Penyelengaraan Pemerintah di Daerah Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalteng dan dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (27/3/24).

Dalam sambutan arahanya Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam menyampaikan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota harus mempunyai tekad dan komitmen yang sama, serta sinergi yang kuat dalam membangun Kalteng.

“Pendapatan Asli Daerah harus terus dioptimalkan untuk memperkuat kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Gali berbagai potensi yang dimiliki daerah masing-masing dan prioritaskan pembangunan tetap sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian dalam arti luas terutama melalui upaya hilirisasi dan pengembangan kawasan sentra produksi pangan,” kata Gubernur.

Ia menambahkan, upaya percepatan penurunan stunting harus menjadi prioritas, dalam rangka pengembangan SDM Kalteng yang unggul.

“Selain stunting, kita juga masih harus berjuang untuk menurunkan angka Perkawinan Usia Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) untuk pemenuhan hak-hak anak,” imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, pemanfaatan Dana Bagi Hasil – Dana Reboisasi (DBH-DR) diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan, penanganan stunting, pembangunan jalan desa, dan program strategis lainnya di sekitar hutan.

“Keberadaan Perusahaan Besar Swasta (PBS) Kelapa Sawit dan pertambangan juga diharapkan dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan pembangunan daerah,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Gumas Ketua TP – PKK Kabupaten Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong, Asisten II Setda Kabupaten Gunung Mas Lurand dan Kepala Bapperida Kabupaten Gumas Yantrio Aulia.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *