KaltengKotawaringin Timur

Wabup Kotim Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan RMP-RTOR / RMU

Sampit – Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rice Milling Plan (RMP-RTOR) Rice To Rice / Rice Milling Unit (RMU) Di Desa Lempuyang Kecamatan Teluk Sampit. Sampit (03/04/24). Bupati Kotawaringin Timur H. Halikinnor, S.H. M.M Hadir Dalam Hal Ini Di Wakili Oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, S.Pd Berserta Forkopimda.

RMP-RTOR (Rice to Rice ) atau Rice Milling Plan (RMP) yang merupakan sebuah konsep atau rencana untuk mengembangkan fasilitas penggilingan padi (rice milling) yang lebih canggih dan efisien. Konsep “rice to rice” menyoroti proses transformasi dari padi mentah menjadi beras yang siap dikonsumsi.

Dalam konteks pembangunan rice milling unit (rmu), pendekatan “Rice to Rice” menekankan pentingnya memperhatikan seluruh proses dari pengolahan padi hingga menjadi beras yang berkualitas tinggi. Mencakup proses pengupasan kulit padi, penggilingan, penyortiran, dan pengemasan beras.

Tujuan dari pendekatan “Rice to Rice” adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian, khususnya beras, dengan memperbaiki dan mengoptimalkan proses pengolahan. dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kualitas beras, efisiensi produksi, dan daya saing produk lokal di pasar.

Pembangunan fasilitas ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan konsep “Rice to Rice” tersebut. Memiliki fasilitas penggilingan padi yang modern dan efisien, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi petani, industri pangan, dan masyarakat setempat secara keseluruhan.

Wakil Bupati Kotim mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi yang tulus kepada semua pihak yang telah terlibat dalam perencanaan dan persiapan proyek ini. Pemerintah daerah, pihak swasta, maupun masyarakat setempat yang telah memberikan dukungan penuh. Tanpa kerjasama dan kolaborasi yang kuat, tidak akan sampai pada titik ini.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *