DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Dewan Minta Setiap Desa di Kalteng Inventarisasi Potensi Sektor Strategis

Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono meminta setiap desa yang ada di wilayah Kalteng untuk dapat menginventarisasi potensi sektor strategis terlebih yang berkaitan dengan sumber daya alam (SDA).

Dikatakan Sudarsono, menginventarisasi potensi sektor strategis sangat penting dalam rangka untuk mengelola SDA agar bisa lebih baik dan dapat memberikan dampak positif bagi desa baik dari sisi pembangunan, ekonomi maupun kemandirian.

“Saya rasa potensi SDA di setiap desa di Kalteng ini sangat menjanjikan, tinggal hanya di inventarisasi dan dicanangkan program pengembangan, dengan begitu SDA yang ada bisa dikelola dengan sebaik mungkin,” ucapnya, Senin, 1/4/24.

Sudarsono menuturkan, desa harus mampu menciptakan kemandirian dalam pembangunan, apalagi saat ini pemerintah telah memberikan stimulus yakni berupa dana desa (DD), dan itu harus bisa dimanfaatkan dan dikelola guna mengembangkan potensi desa.

“Selain pembangunan infrastruktur, program yang berkaitan dengan pengembangan potensi desa juga perlu dicanangkan, manfaatkan dana desa untuk modal, dan nantinya keuntungan dari usaha yang dibangun bisa menjadi pendapatan bagi desa,” ujarnya.

Ia mencontohkan, potensi yang dapat dikembangkan yaitu pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, pariwisata dan lain-lain. Semua potensi itu sangat menjanjikan, tinggal hanya dilakukan pengembangan dan membuat strategi agar tidak mengalami kegagalan.

“Apabila setiap desa mampu dalam berinovasi dan menginventarisasi potensi yang ada lalu dikembangkan, maka tidak hanya desa itu sendiri yang merasakan manfaatnya tapi juga daerah serta masyarakat, jadi hal itu agar bisa diimplementasikan,” tutupnya. (wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *