DPRD Provinsi KaltengKaltengPalangka Raya

Pemprov dan DPRD Kalteng Buat Raperda Penyandang Disabilitas

Palangka Raya – Penyandang Disabilitas sering kali belum mendapat tempat di masyarakat, dan sering ditemukan kasus terabaikan haknya sebagai manusia. Inilah kemudian menjadi sebuah diskriminasi terhadap Penyandang disabilitas dalam berkehidupan pribadi sebagai warga Negara.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan DPRD Kalteng membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD, yang menunjukan bahwa berusaha mewujudkan cita-cita dari UUD 1945.
“Kehadiran pemerintah daerah untuk melindungi, menghormati dan memajukan hak hak penyandang disabilitas, tidak hanya sebatas pada pengaturan perundang undangan, tetapi juga hadir untuk menjamin akses dan partisipasi penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan,” kata, Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, Senin, 22/4/24.

Jelasnya, segala aspek kehidupan yang dimaksud seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, politik, olahraga, seni dan budaya, informasi dan komunikasi, pembangunan infrastruktur dan memberikan perlindungan hukum.

“Terutama, dari segala bentuk kekerasan dan perlindungan dari bencana yang terjadi,” bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya bersama sepakat bahwa adanya Raperda Daerah Tentang penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak Penyandang Disabilitas merupakan sebuah kebutuhan penting sebagai bukti wujud nyata kehadiran Negara dalam mewujudkan keadilan sosial.

“Pada waktunya nanti apabila telah ditetapkan menjadi Perda, diharapkan dapat menjamin kepastian hukum dalam hal Perlindungan dan pemenuhan Hak bagi Para Penyandang yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah sama dengan warga masyarakat lainnya,” Pungkasnya.(wartakalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *